Mendidik dengan Hati

Kenali penyebab telat datang bulan dan cara mengatasinya

Apakah anda telat datang bulan? Yuk kita kenali penyebab telat datang bulan dari ulasan dokter kandungan yang dikutip dari media online yaitu detik.com. Bisa saja wanita yang haid itu datang di awal waktu atau lebih cepat atau juga lebih lambat. Banyak faktor yang mempengaruhi talantnya datang bulan sperti orang menggunakan obat tertentu, mengalami gangguan hormon, atau anatominya mengalami kelainan.
 
penyebab telat datang bulan
penyebab telat datang bulan
Berikut beberapa penjelasan dari dokter spesialis kandungan yang saya kutip dari detik.com.
1.Karena faktor psikis.
Menurut dr Aryando SpOG seorang dokter kandungan dari RSIA Bunda Menteng mengatakan bahwa faktor psikis seperti wanita terlalu lelah, kurang istirahat, dan stres akan berpengaruh pada terlambatnya haid. Sedangkan dari dr Hari Nugroho mengatakan untuk keterlambatan haid pada usia subur wanita adalah bisa dari tanda-tanda kehamilan. Apabilah setelah di cek ternyata tidak ada kehamilan maka faktor sebelumnyalah yang menjadi penyebabnya.

2. Karena faktor usia
Dr Nando menuturkan bahwa pada wanita usia 25 sampai 35 tahun sebanyak 60% wanita mempunyai siklus haid 25 hari sampai 28 hari. Kalau usia remaja under 20 tahun setiap bulan haidnya akan terlambat.

3. Faktor polycystic ovary atau faktor PCO.
Saat sel telur jumlahnya banyak dan juga kecil-kecil akan menyebabkan sel telur susah berkembang dan inilah yang maksud dari faktor PCO. Demikian wanita akan mengalami namanya gangguan kesehatan hormonal. Jika sel telurnya tidak/belum pecah selama berbulan-bulan akan mengakibatkan tebalnya dinding rahim yang memungkinkan sulit untuk terjadinya hamil. Demikian apa yang dituturkan oleh dr Nandi.

4. Faktor kegemukan dan hormonal.
Tingginya hormon estrogen menyebabkan wanita mengalami obesitas. Penjelasan dari dr Hari bahwa yang memproduksi estrogen adalah indung telur. Wwanita yang memiliki obesitas, endometrium dipertahankan oleh indung telur sehingga haidnya menjadi tertunda.

5. Faktor kelainan non-anatomi dan anatomi.
Dari penuturan dr Hari bahwa penyakit seperti kista ovarium, penyakit myoma uteri, sampai ke kanker bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar atau terlambat. Untuk faktor non anatominya adalah karena gangguan fungsi hormonal, terjadinya pembekuan darah, karena pemakaian alat konstrasepsi, dan masih banyak yang lain.

Untu 6 mengatasi datang bulan secara sehat dan alami berikut ini caranya:
1.Menjadikan pola tidur dan istirahat yang teratur. Jika wanita kurang tidur atau pola istirahat yang tidak menentu dapat menyebabkan fungsi hormonal tidak menentu juga.
2. Olahraga yang rutin menyebabkan siklus haid menjadi lancar karena fungsi hormonal dan juga sistem peredaran darah juga lancar.
3. Dengan sering meminum air jeruk nipis yang hangat dipagi hari sebelum sarapan. Sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan selain dari memperlancar haid.
4. Minum air rebusan daun sirih satu gelas tiap tiga hari sekali.
5. Minum air rebusan pepaya satu gelas tiap tiga hari sekali. Anda tambahkan garam secukupnya.
6. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran hijau. Selain memperlancar pencernaan juga sangat baik untuk kesehatan.
Demikian penjelasan dari penyebab telatdatang bulan dan bagaimana cara mengatasinya secara alami. Anda bisa melihat artikel kesehatan yang terkait di bawah ini:
Rating: 4.5