Mendidik dengan Hati

Alat musik tradisional Jawa Tengah yang paling populer

Pak guru akan menjelaskan alat musik tradisional Jawa Tengah. Kamu orang Jawa Tengah bukan? Jawa tengah kaya akan budaya dan adat-istiadat. Ditempat pak guru tepatnya di Banyumas memiliki alat musik tradisional seperti Kentongan. Ada berbagai macam grup musik kentongan yang sedang berkembang saat ini. Kita sebagai generasi mudah harus bisa menjaga agar alat musik tradisonal khususnya Jawa Tengah supaya generasi berikutnya bisa mengenal dan bisa tahu bahwa alat musik tersebut adalah warisan budaya bangsa kita yang secara turun temurun. Alat muik tradisional merupakan bukti sejarah bangsa Indonesia.

Berikut ini jenis-jenis alat musik tradisional Jawa Tengah yang sangat populer di kalangan kita adalah sebagai berikut:
1. Kentongan
Alat musik tradisional ini biasa dipasang di depan rumah dan di tempat ronda. Kentongan terbut dari bambu yang dilubangi. Cara memainkannya sangatlah mudah, yaitu dengan cara dipukul dengan kayu. Kalau ditempat pak guru kentongan berbunyi ditengah malam pertanda ada suatu hal yang buruk. Ketika kamu kecil pernah main kentongan tidak?
alat musik tradisional Jawa Tengah








2. Kendang
Ada orang yang menyebutnya dengan Gendang. Alat musik ini terbuat dari kayu, penjalin sebagai talu, dan kulit sapi sebagai penutupnya. Ala musik ini sangat menonjol suaranya kalau di musik dangdut, jaipongan, dan wayang kulit. Seseorang bisa menari mengikuti irama kendang. Seperti goyangan para artis dangdut sangat indah ketika mengikuti irama kendang. Kamu bisa memainkannya bukan?
alat musik tradisional Jawa Tengah







3. Bonang
Bonang biasa terbuat dari kuningan. Bonang mempunyai variasi ukurang. Masing-masing ukurang menghasilkan suara yang berbeda-beda. Cara memainkannya cukup dipukul dengan kayu. Alat ini bisa kamu lihat di acara jaran kepang atau “ebeg” atau kuda lumping, dan wayang kulit. Irama bonang bisa sesuai dengan irama do re mi fa so la si do
alat musik tradisional Jawa Tengah






4. Demung
Demung juga bagian dari gamelan. Alat musik tradisional ini terbua dari kuningan yang dibuat tipis-tipis panjag. Bisa kamu lihat gambarnya. Cara memainkannya adalah dipukul.
alat musik tradisional Jawa Tengah




5. Saron
Saron bentuknya lebih kecil dari pada demung. Selain itu saron lebih sederhana dari pada demung. Cara memainkannya juga dipukul dengan kayu.
alat musik tradisional Jawa Tengah







6. Kenong
Kenong bisa disebut juga dengan kethuk. Kenong merupakan salah satu  bagian dari gamelan. Cara memainkannya juga dipukul alam musik ini terbuat dari kuningan.

alat musik tradisional Jawa Tengah






7. Slenthem
Slenthem juga bagian dari gamelan. Terbuat dari kuningan juga. Cara memainkannya dipukul dengan kayu.
alat musik tradisional Jawa Tengah





8. Gender
Gender hampir sama bentuknya dengan slenthem. Gender juga bagian dari gamelan. Cara memainkannya cukup di pukul dengan kayu.
alat musik tradisional Jawa Tengah






9. Gong
Kalian sudah tahu dan pernah melihat alat musik tradisional gong kah? Pasti sudah tahu. Alat musik ini sangat mudah kita kenali. Gong biasa dipake dalam acara peresmian atau pembukaan acara di pemerintahan, sekolah, desa, dan swasta. Pernahkah kamu mengikuti acara sesuatu yang dibuka acaranya dengan tanda dipukulnya gong bukan? Ada bermacam-macam variasi gong. Mulai dari bentuk yang besar sampai bentuk yang kecil.
alat musik tradisional Jawa Tengah







10. Gambang
Gambang terbuat dari kayu. Irama gambang bisa menghasilkan irama do re mi fa so la si do. Cara memainkannya adalah dipukul.
alat musik tradisional Jawa Tengah





11. Suling atau seruling (bahasa Indonesia)
alat musik tradisional Jawa TengahApakah kamu pernah meniup suling? Kalau jaman pak guru kecil, pernah membuat suling dengan tangan sendiri. Namun suaranya sangat lucu karena tidak bisa membuatnya. Kalau dimainkan orang yang bisa meniup suling. Suaranya sangat indah. Apalagi kalau ditiup di daerah pedesaan. Rasanya sangat nyaman. Kalau pemuda jaman dahulu bisa membuat suling. Namun pemuda jaman sekarang tidak ada yang bisa membuatnya. Karena mereka sering memainkan gatget dibanding alat musik atau permainan tradisional.

Demikian penjelasan alat musik tradisional Jawa Tengah. Semoga kita bisa menjaga alat musik tersebut dari kepunahan. Oleh karena itu kita harus bisa mencintai budaya bangsa kita sendiri. Baca artikel menarik lainnya berikut ini:
Rating: 4.5