Mendidik dengan Hati

Cara diet dan akibat kurang minum air putih

Kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas cara diet dengan air putih dan akibat kurang minum air putih. air merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Tanpa air kita tidak bisa hidup. Kebutuhan normal seseorang dengan berat badan yang ideal adalah 8 gelas setiap harinya. Itu adalah kebutuhan yang normal jika melakukan aktivitas yang tidak berat. Tentu akan berbeda jika aktivitas kita semakin berat. Misalnya setelah berolahraga pastinya kita bisa menghabiskan tiga gelas sekali minum.


Air putih adalah suatu cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. jika tubuh kita kekurangan cairan (air putih) maka proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Selain kekurangan cairan tubuh kita juga beresiko dengan seabreg jenis penyakit yang akan hinggap ditubuh kita. Saat kita berada di ruangan ber AC pasti kita jarang sekali yang namanya haus. Bahkan kalau saya bisa lupa untuk minum air putih.

Sebagai informasi yuk kita ketahui apa itu air dan komposisinya di dalam tubuh seseorang.
a. air putih merupakan komponen terbesar di dalam tubuh manusia
b. air putih pada bayi sebesar 80%
c. orang dewasa sebesar 60 %
d. usia lanjut sebesar 50%
e. air putih sebagai pelarut
f. air putih sebagai pelumas
g. air putih sebagai pengatur suhu badan
h. air putih sebagai elektrolit dan penyedia mineral.

Kebutuhan seseorang akan air putih berbeda-beda, bisa dikatakan seseuai dengan besar kecilnya tubuh seseorang dan aktivitas seseorang. Jangan sampai tubuh kita kukurangan air putih. Saat kondisi tubuh yang sering kekurangan cairan atau dehidrasi, seseorang bisa terkena batu ginjal. Kenapa bisa mengalami batu ginjal? Karena urin tersebut mengandung yang namanya oksatal. Oksalat merupakan pembentuk dari batu. Nah efek dari dehidrasi tersebut kandungan oksalat bisa semakin meninggi, lama kelamaan bisa menjadi mengeras.

Berikut adalah akibat kurang minum air putih:
1. dehidrasi adalah hal yang pasti. Daya konsentrasi akan semakin berkurang dan diiringi dengan pusing karena cairan  yang mengalir ke otak berkurang dan aliran oksigen pun yang ke otak juga berkurang.
2. merasakan tenggorokan kering, denyut nadi terasa cepat, badan terasa panas dan urin pekat (warna kuning pekat)
3. kandung kemih bisa rentan terhadap bakteri. Mengapa? Karena bakteri di dalam kandung kemih tidak bisa keluar. Dan ini bisa mengakibatkan infeksi di saluran kemih.
4. untuk wanita akan mudah terkena infeksi di bagian saluran kemih karena saluran kemih wanita cenderung lebih pendek di banding dengan slauran kemih pria. Oleh karena itu harus rajin atau jangan sampai kekurangan air putih agar bisa terhindar dari infeksi di kandung kemih maupun saluran kemih.
5. kulit menjadi kering dan juga kusam kerena dibagian bawah kulit terdapat pembuluh kapiler yang membawa cairan. Jika cairan kurang makan pembuluh kapiler bekerjanya tidak maksimal.
6. beresiko terkena batu ginjal seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Cara diet dengan air putih
cara diet dengan air putih yang telah dilakukan oleh Saadilah seperti yang kami kutip dari health.detik.com. Berat badan Saadilah bisa turun 63 kg dalam waktu lima bulan. Hal tersebut sangat fantastis bukan. Diakuinya bahwa ketika Saadilah lapar, ia minum air putih sebanyak dua sampai tiga gelas. Jika sudah minum, ia tidak merasakan lapar. Ia juga mendampingi diet air putih dengan rajin berolahraga. Dalam waktu lima bulan berat badan yang semula 135 kg turun menjadi 72 kg.

Ia tidak makan siang, makan siangnya diganti dengan minum air putih. Menurutnya diet air putih sangat bermanfaat bagi dirinya. Dengan banyak minum air putih, tubuh akan mengeluarkan racun atau yang biasa disebut dengan detoksifikasi. Demikian artikel mengenai cara diet dengan air putih dan akibat kurang minum air putih.
Rating: 4.5