Mendidik dengan Hati

Cara menghindari dan dampak pergaulan bebas terkini

Cara menghindari pergaulan bebas dan dampak negatif pergaulan bebas. Tiap tahun kasus pergaulan bebas di kalangan remaja semakin meningkat. Banyak faktor yang mendorong dari terjadinya pergaulan bebas. Menurut para remaja, masa remaja adalah masa dimana semua hal ingin dicoba khususnya hal yang baru. Disisi lain dampak dari mencoba-coba adalah pergaulan bebas. Ya mereka akan terjebak di dalamnya. Saya mengutip dari tribunnews.com bahwa 66 persen dari remaja Indonesia dinyatakan sudah tidak perawan lagi. 66 persen tersebut adalah remaja putri yang masih duduk di bangku sekolah pertama (SMP) dan SMA. Hal ini sangat mencengangkan bukan? Tribunnews juga berdasarkan hasil dari survei yang telah dilakukan oleh KPA Komisi Penanggulangan AIDS yang telah dari Sabang sampai Merauke.

cara menghindari pergaulan bebasBisa kita simpulkan bahwa remaja sekarang ini mudah untuk melakukan pergaulan bebas atau juga se** bebas. Menurut Maryatun dari Stikes Aisyiah di Surakarta mengatakan bahwa jika tidak ada kontrol terhadap kemajuan atau perkembangan teknologi yang begitu pesat makan itu yang akan menjadi titik awal dalam s*ks bebas dan juga penyalahgunaan narkoba.
Menurut hemat saya cara menghindari pergaulan bebas adalah sebagai berikut:
1. Menguatkan ilmu agama
Dengan bekal agama yang cukup seorang remaja bisa membentengi dirinya dari pergaulan yang tidak baik yaitu pergaulan yang dapat menjerumuskan dirinya sendiri. Dengan kita beriman dan bertakwa kepada Allah insyaAlloh kita akan terhindar dari pergaulan bebas. Oleh karena itu bagi yang mempunyai anak kecil bisa dibekali dan di didik dengan ilmu agama dengan cara menyekolahkan anaknya di sekolah yang basiknya adalah agama. Bisa juga anda latih dan bekali sendiri di rumah. Bisa juga di sekolahkan di TPA terkekat anda.
2. Pintar memilih teman dalam bergaul
Orang yang bergaul dengan penjual parfum bisa terkena wanginya, bisa juga dikasih parfum gratis bukan? Sedangkan orang yang bergaul dengan pemabuk atau penjudi bisa terkena omongan buruk atau mungkin ikut mencoba minumannya bukan? Karena seringkali ditawari kelamaan akan mau juga. Dalam hal ini seorang remaja harus bisa berteman memberikan dampak positif baginya. Yang bisa memberikan pengaruh ke hal yang positif.
3. Selalu menjaga keharmonisan dengan ibu dan bapak
Jangan sampai kita tidak menghormati kedua orang tua kita. Apabila orang tua kita itu orang yang baik dan perhatian dengan kita, maka ikutilah nasihat dari keduanya. Mereka pasti menginginkan hal yang terbaik untuk kita. Oleh kerena itu jangan pulang sampai larut malam, kamu harus rajin beribadah, rajin belajar, rajin membantu orang tua, mendoakannya, jangan membantahnya, dan masih banyak lagi yang lainnya.
4. Jangan sekali sekali nonton film gitu-gituan
Efek dari film tersebut sangatlah besar. Kamu akan teringat dengan hal-hal tersebut. Bisa menghilangkan konsentrasi kamu ketika belajar. Pasti kamu di rumah punya komputer atau paling tidak punya HP yang canggih. Gunakanlah untuk hal yang positif, jangan untuk nonton hal yang gituan yah!
5. Jangan mencoba merokok dan minum yang haram
Para pecandu bilang bahwa sekali mencoba bisa membuat seseorang ketagihan. Jika orang tua kamu merokok, sebaiknya kamu jangan ikutan. Malah sebaiknya kamu bisa menasehati bapak kamu yang merokok itu. Merokok dapat membunuhmu.
6. Usahakan kamu jangan pernah pacaran
Pacaran itu dilarang agama. Jangan sampai kamu melanggarnya. Boleh kamu punya teman cewek, namun jangan pacaran. Kamu nanti bisa tergoda. Godaan yang besar di dalam pacaran adalah godaan untuk melakukan se*s.
7. Mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang positif
Isilah waktu kosong kamu dengan hal yang baik untuk perkembangan diri kamu sendiri. Kamu bisa salurkan ke hobi kamu, selain hobi kamu bisa belajar, menambah ilmu yang baru dan yang lainnya.

Sudah tahu belum apa dampak pergaulan bebas? Kalau belum mari kita simak dampak negatif pergaulan bebas:
1. merusak diri kamu sendiri
Contoh dari dampak seorang pecandu narkoba adalah badan yang tidak sehat, dikucilkan orang, gairah semangat turun dan lainnya. Contoh dampak melakukan se*k bebas adalah dosa besar sudah jelas, terkena AIDS, aborsi, hancur cita-cita sekolahnya dan lainnya. Bagi wanita atau laki-laki yang melakukan pergaulan bebas biasanya berjodoh dengan orang yang melakukan pergaulan bebas juga. Orang yang buruk mendapatkan orang yang buruk pula.
2. merusak keluarga dan lingkungan masyarakat
Bisa kita lihat keluarga yang salah satu anggotanya melakukan pergaulan bebas. Pasti kedua orang tua mereka sangat malu. Orang tua akan depresi, mungkin saja anaknya itu adalah harapan baginya dan ternyata harapan itu hancur. Lingkungan masyarakat juga pasti akan mengecapnya menjadi “orang berkepribadian jelek”
3. Tawuran remaja
Kita sering mendengar di TV ada kasus tawuran antar remaja yang sering terjadi di daerah Ibukota. Hal itu merupakan dampak pergaulan bebas.
4. Aborsi
5. Kecanduan obat
6. Hamil di luar ....
8. Penghuni penjara semakin banyak.

Ada ungkapan bahwa “befikirlah sebelum bertindak”. Saya berpesan kepada kaum remaja untuk selalu berfikir jernih dalam setiap tindakan. Tidak perlu mencoba hal yang tidak baik. Karena hal tersebut jika kamu melakukannya pasti akan ketagihan. Disitulah iblis menggoda dan merayu kamu. Coba kalian lihat masa depan orang yang salah pergaulannya. Pasti sangat kacau bukan? Jangan sia-siakan amanat kedua orang tua kamu untuk bersekolah yang baik, yang bisa berprestasi untuk dirimu, keluargamu, dan bangsamu. Pemuda adalah pewaris negara. Di tangan kalian lah negara ini akan engkau kemanakan. Semoga Indonesia bersih dari korupsi. Mulai sejak dini kamu jangan korupsi yah! Walaupun itu uang jajan kamu jangan dikorupsi.
Rating: 4.5