Mendidik dengan Hati

Penyebab dan akibat pergaulan bebas

Berikut ulasan penyebab pergaulan bebas dan akibat pergaulan bebas. Di media massa maupun dilingkungan sekitar kita pernahkah melihat atau mendengar bahwa ada sejumlah remaja yang minum minuman keras? Atau memakai narkoba? Atau bahkan ada yang hamil saat dia masih duduk di bangku sekolah? Secara tidak sengaja atau disegaja demikianlah akibat dari pergaulan bebas.

akibat pergaulan bebasPenyebab pergaulan bebas sangatlah banyak. Kita harus bisa memandang dari beberapa sisi dari penyebabnya. Berikut penjelasan penyebab dari pergaulan bebas:
1. orang tua
Banyak orang tua yang tidak peduli dengan pergaulan anak mereka. Mereka tidak mengawasi bahwa anak mereka bergaul dengan siapa. Bahkan ada orang tua yang fokus mementingkan kebutuhan anaknya. Tidak mementingkan memberikan perhatian dan kasih sayang terhadapnya. Memang dijaman sekarang ini banyak orang tua yang lebih mementingkan pekerjaannya. Mereka sibuk ke luar kota bahkan ke luar negeri. Anaknya dititipkan bersama baby siter atau asisten rumah tangganya.

Anak akan meresa tidak betah di rumah. Bahkan anak nanti akan merasakan nyaman tinggal bersama temannya atau sering bermain karena di rumah tidak ada orang tuanya atau kalau di rumah tidak ada yang memberikan saran maupun tidak ada yang mendengan curhata mereka. Sudah banyak kasus akibat peran orang tua dalam tumbuh kembang anak tidak terlibat di dalamnya.

2. agama dan iman
Seseorang yang pengetahuan agamanya lemah atau sedikit merupakan indikator lemanya iman. Perkembangan anak kecil jaman sekarang sudah dijejali dengan budaya barat. Coba kita lihat anak kecil sekarang lagunya sudah lagu percintaan orang dewasa. Berbeda dengan anak di bawah tahun 2000. Sangat disarankan sejak usia dini perlu dikenalkan dengan agama. Diantaranya adalah sewaktu kecil di sekolahkan di sekolah yang basicnya mengedepankan agama dan akhlah. Kemudian disamping itu bisa diikutkan di TPA atau taman pendidikan Al Quran. Dengan demikian ketika diusia remaja pengetahuan anak tentang agama akan cukup dan itu akan bisa membentengi mereka dari perbuatan pergaulan bebas. Mereka bisa tahu mana perbuatan yang buruk dan mana perbuatan yang baik.

3. perubahan jaman
Dijaman yang serba teknologi ini mendorong remaja terjangkit pergaulan bebas. Contohnya seorang remaja mendapatkan narkoba lewat teman onlinenya. Disamping itu budaya barat yang sekarang hampir mendominasi dikehidupan sehari hari remaja. Misalnya dari berpakaian dan cara bertingkahnya.

Akibat pergaulan bebas secara umum adalah sebagai berikut:
1. akibat pergaulan bebas bagi diri sendiri
Kerugian dari pergaula bebas tersebut meliputi fisik dan mental. Bisa saja seseorang yang minum minuman keras ataupun narkoba akan merasa ketergantungan. Nah efek dari narkoba ataupun minuman keras akan merusak kesehatan dan juga mental. Dan setelah itu tinggal menunggu berbagai penyakit yang akan datang. Terlebih lagi jika pergaulan mereka yang melakukan s*ks bebas. Remaja bisa ham*l di luar nikah. Apa lagi bagi yang masih bersekolah. Akan merugikan diri sendiri, almamater sekolahnya dan keluarganya.

2. akibat pergaulan bebas bagi keluarga
Suasana ketentraman dan keharmonisan dalam keluarga akan pecah. Apalagi kalau status sosial di mata masyarakat akan jatuh. Keluarga akan dibuat malu oleh anak ataupun orang tuanya sendiri yang melakukan pergaulan bebas. Pastinya keluarga yang lain sangat menyayangkannya dan kecewa terhadapnya.

3. akibat pergaulan bebas bagi masyarakat
Kejadian dimasyarakat sekitar kamu mungkin pernah digegerkan oleh ulah sekelompok remaja karena minuman keras, alkohol, s*ks bebas, dan yang lainnya. Hal tersebut tentunya akan membuat malu masyarakat. Bisa dipandang oleh masyarakat lain bahwa daerah tersebut orangnya banyak yang tidak arif ataupun tingkah lakunya kurang baik.
Rating: 4.5