Mendidik dengan Hati

Perbedaan dan contoh tumbuhan monokotil dan dikotil


Pak guru akan menjelaskan perbedaan monokotil dan dikotil, contoh tumbuhan monokotil dan dikotil. Seringkali kita tiap hari berhubungan dengan kedua jenis tumbuhan tersebut. Namun kita tidak mengetahui jenis monokotil atau dikotil. Akan tetapi dikalangan masyarakat tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil jarang yang tahu. Mereka tahunya tumbuhan berbiji keeping dua dan tumbuhan berbiji keeping satu. Kalau kalian sudah bisa menyebutkan tumbuhan monokotil dan dikotil belum?
perbedaan dan contoh monokotil dan dikotil

Tumbuhan monokotil adalah segala jenis tumbuhan berbiji yang bijinya berkeping tunggal atau satu. Tumbuhan dikotil adalah segala jenis tumbuhan berbiji yang bijinya berkeping dua. Agar kamu lebih paham dan mengerti tentang monokotil dan dikotil simak perbedaan monokotil dan dikotil dan ciri ciri tumbuhan dikotil dan monokotil berikut:
Monokotil
dikotil
Bijinya berkeping satu
Bijinya berkeping satu
Berakar serabut
Berakar tunggang
Batang tidak berkambium
Batang berkambium
Batang tidak bercabang
Batang bercabang
Batang tidak dapat tumbuh besar
Batang dapat tumbuh besar
Berkas pengangkut tersebar
Berkas pengangkut teratur
Tulang daun sejajar atau melengkung
Tulang daun menjari atau menyirip

Setelah mengetahui perbedaan monokotil dan dikotil tentu kalian bisa menyebutkan contoh tumbuhan monokotil dan dikotil sendiri bukan? Jika belum berikut masing-masing perbedaan dan contoh monokotil dan dikotil:
Contoh tumbuhan dikotil: manga, jeruk, rambutan, albasia, akasia, mahoni, jati, petai, sawo, durian, dll
Tontoh tumbuhan monokotil: padi, jagung, papaya, dll.
Setelah uraian tentang perbedaan monokotil dan dikotil dan contoh tumbuhan monokotil dan dikotil coba kamu berikan masing-masing tiga contoh tanaman yang termasuk jenis dikotil dan monokotil.

Sekedar pengetahuan, bangunan rumah kamu ada yang dari bahhan kayu bukan? Kira-kira kayu tersebut termasuk monokotil atau dikotil? Coba diidentifikasi. Kalau tidak tahu bisa kamu tanyakan kepada orang tua kamu. Kebanyakan bangunan rumah dari kayu jenis dikotil karena tanaman dikotil ini bisa tumbuh sampai besar sehingga bisa menghasilkan kayu yang banyak. Misalnya tanaman albasia yang termasuk jenis dikotil. Tanaman ini bisa tumbuh besar dan kalau dijual harganya bisa mencapai jutaan. Sedangkan pohon kelapa yang termasuk  jenis tanaman monokotil ini tidak bisa tumbuh dengan besar. Setelah pohon kelapa berbuah maka pohon kelapa ini tidak bisa tumbuh besar. Demikianlah sekedar informasi tambahan. Baca juga artikel terkait yang menarik lainnya di bawah ini:
Rating: 4.5