Mendidik dengan Hati

Perbedaan pengertian nabi dan rasul yang terpopuler

Banyak di kalangan anak sekolah mencari perbedaan nabi dan rasul. Ada juga yang mencari pengertian nabi dan rasul. Sejak dari sekolah dasar seorang guru agama sudah menjelaskan hal tersebut. Ketika di SMP maupun di SMA pun diulanginya lagi. Berikut ini penjelasan masing-masing dari kedua hal tersebut:

Perbedaan nabi dan rasul:
Seperti yang kami kutip dari salah satu website yang membahas agama yaitu konsultasisyariah.com. Ulama telah menjelaskan bahwa Nabi adalah seseorang yang telah diberi wahyu oleh Allah SWT akan tetapi tidak perintahkan oleh Allah untuk menyampaikannya kepada kaumnya. Tetapi wahyu tersebut diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada suatu keharusan untuk disamapiakan kepada orang lain atau kamunya.

perbedaan nabi dan rasul

Rasul adalah seseorang yang telah diberi wahyu oleh Allah dan syari’atnya kemudian diperintahkan oleh Allah untuk disampaikan dan juga diamalkan. Untuk lebih jelas perbedaan nabi dan rasul bisa dilihat berikut ini:
Nabi:
1. Tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu atau risalah kepada siapa saja
2. Melanjutkan atau menguatkan syariat dari rasul sebelum nabi tersebut
3. Diutus kepada kaum yang sudah memeluk syariat dari rasul sebelumnya
4. Nabi yang pertama adalah nabi Ada ‘alaihissalam
5. Jumlah nabi sangat banyak bahkan sampai ratusan ribu
6. Diantara nabi ada yang dibunuh oleh kaumnya sendiri

Rasul:
1. Mendapat perintah Allah SWT untuk menyampaikan wahyu
2. Diutus dengan membawa syariat yang baru
3. Rasul adalah pasti nabi, namun nabi belum tentu seorang rasul
4. Rasul yang pertama kali adalah Nuh ‘Alaihissalam
5. Jumlah rasul lebih sedikit dibanding dengan nabi.

Pengertian nabi dan rasul
Secara bahasa arab, nabi berasal dari kata Naba. Dikatakan nabi karena nabi atau seorang nabi adalah seseorang yang telah diberi wahyu oleh Allah SWT dan tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu atau risalah tersebut kepada kaumya.
Secara bahasa arab, rasul berasal dari kata irsal yang artinya adalah memberikan arahan atau membimbing. Jadi rasul adalah nabi yang diberikan wahyu oleh Allah SWT kemudian diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu dalam syariatnya kepada umat manusia.

Tugas para rasul Allah SWT sebagai berikut:
Allah telah mengutus disetiap umat manusia seorang rasul. Seperti umat akhir zaman Allah mengutus nabi agung yaitu nabi Muhammad SAW (semoga kita mendapatkan syafaatnya kelak..aamiin). Tugas para rasul disetiap umat manusia adalah sama. Berikut ini beberapa tugas dari para rasul adalah sebagai berikut:
1. Mentauhidkan atau mengesakan Allah. Bahwa Allah lah yang menciptakan segala isi alam semesta. Allah lah yang berhak untuk disembah. Tidak ada tuhan selain Allah SWT.
2. Menyampaikan risalah atau wahyu dari Allah
3. Memberikan kabar gembira dan memberikan peringatan kepada umat manusia
4. Meluruskan pemikiran yang menyimpang seperti kesyirikan yang telah dilakukan orang jahiliyah pada zaman dahulu

Salah satu rukun iman adalah mengimani nabi dan rasul Allah. Kita sebagai umat nabi Muhammad harus senantiasa menimba ilmu agar tidak terpengaruh oleh ajaran islam yang sesat. Semoga kita termasuk seorang yang mencintai nabi Muhammad. Orang yang cinta kepada nabi Muhammad berarti orang yang senantiasa mengamalkan apa yang telah disampaikan beliau. Demikian penjelasan pengertian nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rasul.
Rating: 4.5