Mendidik dengan Hati

Pidato singkat tentang pergaulan bebas terbaik

Banyak siswa yang sedang mencari pidato singkat tentang pergaulan bebas. Oleh karena itu kali ini pak guru akan memberikan contoh tentang pidato tersebut hasil karya pak  guru sendiri. Kalau di kopi jangan lupa sertakan sumber alamat blog ini yah. Semoga bermanfaat
Asalamualaikum wr. wr.
Alhamdulilahirobbil Alami washolatu wasalamu ala sayidini Muhammadin, wa 'ala alihi washohbihi ajmain. ama ba'du.
Bapak kepala desa yang saya hormati
Bapak ibu beserta tamu undangan yang saya hormati pula
Dan rekan-rekan ku yang berbahagia.
pidato singkat tentang pergaulan bebas

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita kelak bisa mendapatkan syafa'atnya.

Terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya sehingga saya berdiri disini menyampaikan sepatah kata dengan tema Pergaulan Bebas. Di jaman yang serba canggih sekarang ini kita tahu bahwa perkembangan teknologi semakin cepat dan juga ramah lingkuna. Namun dibalik perkembangan tersebut terselip manfaat yang negatif. Kita sering lihat di siaran televisi sering ada genk motor yang mengamuk, mencuri, memperkosa dan lainnya. Ada juga anak SMP ataupun SMA yang mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba. Ada juga anak SMP ataupun SMA membuat vidio adegan dengan pacarnya sehingga pacarnya hamil. Ini semua merupakan akibat pergaulan bebas.

Pengertian pergaulan bebas dari berbagai sumber ialah pergaulan yang melanggar norma-norma agama dan kesusilaan, dan makna dari pergaulan bebas adalah pergaulan yang menyimpang sehingga merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain baik itu keluarga maupun masyarakat sekitarnya. Wahai sabahatku kita sebaiknya kita harus waspada terhadap pergaulan kita. Jangan sampai kita salah pergaulan. Kita harusnya bisa belajar bagi orang yang sudah terlanjut atau orang yang telah melakukan perbuatan pergaulan bebas. Banyak yang telah dikorbankan mereka hanya untuk kesenangan sementara, namun akan bisa membuat sengasara atau penyesalan selamanya.

Saya akan menyampaikan beberapa tips agar kita bisa terhindar dari pergaulan bebas yaitu:
1. Kita mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang positif. Apa itu kegiatan yang positif? Kegiatan yang positif adalah kegiatan yang bermanfaat baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. contoh dari kegiatan positif pelajar adalah dengan membaca buku yang disukainya, membantu pekerjaan rumah orang tua, menyalurkan hoby kita, mempelajari agama yang dianutt kita dan lain sebagainya.
2. Memilih teman bergaul haruslah yang baik.Baik disini adalah memberikan dampak positif bagi kita. Jangan sampai kita salah bergaul dengan teman yang berkarakter tidak baik. Soalnya kalau kita bergaul dengan teman yang tidak baik, kita akan terkena dampaknya. Misalnya kalau kita berteman dengan seorang yang suka mencuri, pasti suatu saat kita akan diajak untuk mencuri.
3. Dekat dengan kedua orang tua. Poin ini merupakan poin paling penting. Saat kita akan pergi setelah pulang sekolah hendaknya kita meminta iji dengan kedua orang tua. Saat kita pergi dengan teman-teman pun hendaknya kita iji.
4. Mengetahui dampak negatif dari pergaulan bebas. Setelah kita tahu bahwa dampak degatif akibat pergaulan bebas, maka kita harus berfikir secara mendalam agar kita jangan sampai terjun di dalamnya.
5. Senantiasa kita mendekatkan diri kepada Alloh SWT dan berdo kepadanya semoga kita terhindar dari pergaulan bebas.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kalimat yang menyinggung para hadirin, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wasalamualaikum wr.wb
Itulah pidato singkat tentang pergaulan bebas, semoga tugas kalian cepat selesai :)
Rating: 4.5