Mendidik dengan Hati

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih. Bagi kamu yang mempunyai bau badan kurang sedap tentunya kamu tidak akan percaya diri ketika berdekatan dengan teman. Bau badan memang seringkali mengganggu aktivitas seseorang. Banyak hal yang menjadi penyebab bau badan itu sendiri mulai dari makanan yang kita konsumsi atau aktivitas bahkan baju yang kita pakai sudah kotor. Sebelum menuju cara untuk menghilangkan bau badan terlebih dahulu kita kenali penyebab bau badan dan cara mengatasinya.
Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih

Berikut ini beberapa hal yang memicu penyebab bau badan kamu:
1. Makanan.
Makanan apa sajakah yang bisa membuat badan kamu menjadi bau? Sesuai yang saya kutip dari wolipop detik makanan dan minuman yang memicu bau badan adalah:
- bawang putih. Di dalam bawang putih mengandung zat volatile sulfurous yang menahan bau pada bawang sehingga saat kita makan bau bawang masih terasa pada tubuh kita.
- alkohol. Sebanyak 10 persen seseorang yang minum alkohol akan diekskresikan menjadi keringat. Selain itu seseorang yang minum alkohol akan keluar keringat yang berlebih. Sehingga tidak heran kalau orang yang sering minum alkohol mempunyai bau badan.
- daging. Apakah kamu sering makan daging? Daging merupakan salah satu jenis makanan yang lama dicerna oleh usus kita. Sehingga lama-kelamaan daging menjadi penyebab bau busuk di dalam pencernaan kita. Hal tersebut akan mempengaruhi bau keringat kita.

 2. Stres
Saat stres sedang melanda, tubuh akan mengeluarkan keringat. Namun keringat tersebut tidak banyak mengandung air. Sehingga keringat yang keluar adalah keringat yang mengandung campuran bakteri, protein dan lemak. Hal inilah yang menjadi penyebab bau badan.

3. Pakaian
Pakaian yang terus dipakai setelah berkeringat menjadi penyebab bau badan karena banyak bakteri yang sudah terperangkap di dalam kain kemudia bereaksi lagi dengan keringat yang baru dikelarkan oleh tubuh. Oleh kerena itu kamu harus rajin mengganti pakaian kamu. Mandi pagi ganti pakaian kemudian setelah mandi sore ganti pakaian lagi. Apalagi bagi kamu yang mudah berkeringat karena memiliki massa tubuh yang tinggi (alias gendut) harus rajin mengganti pakaian kamu.

 4. Gangguan genetik
Bagi seseorang yang mempunyai bau badan karena gangguan genetik yang biasa disebut Trimethylaminuria karena tubuh tidak mampu mengolah senyawa kimia. Orang yang mengalami hal tersebut bau badannya seperti bau busuk. Penyakit ini bisa membuat seseorang stres karena bisa dikucilkan dari masyarakat.

Cara menghilangkan bau badan
Setalah anda membaca penyebab bau badan apakah anda termasuk yang mempunyai penyebab bau badan anda? Ada dua macam cara untuk menghilangkan bau badan yaitu dengan cara kimia dan secara alami yakni tidak berhubungan dengan kimiawi.
Cara menghilangkan bau badan dengan cara kimiawi
1. Menggunakan deodorant
Pusat dari timbulnya bau badan adalah di bagian ketiak. Kamu bisa menggunakan deodorant di ketiak kamu. Penggunaan deodorat sebenarnya tidak baik untuk tubuh kamu. Banyak yang sudah mengulas efek samping deodorant. Oleh karena itu kamu harus memilih deodorant yang mengandung senyawa kimia yang tidak terlalu banyak. Atau kamu bisa menggunakan sedikit saja deodorant di ketiak kamu.
2. Menggunakan parfum
Setelah mandi kamu bisa menyemprotkan pafrum di ketiak dan tubuh kamu. Cara ini lebih aman dibandingkan dengan deodorant. Saat kamu berkeringat kamu bisa menyemprotkan parfum di ketiak kamu dan bagian tubuh kamu yang lain.
3. Menggunakan obat dalam
Kamu bisa mendatangi dokter kulit untuk meminta resep obat yang bisa kamu konsumsi. Namun cara ini tidak sehat bagi tubuh karena semakin sering kamu mengkonsumsi obat akan membuat organ tubuh seperti hati dan ginjal kamu resiko terkena penyakit.

Cara menghilangkan bau badan dengan cara alami
1. Mandi teratur
Bagi kamu yang mempunyai keringat berlebih karena kegemukan, kamu bisa mandi tiga kali dalam sehari. Bagi yang normal cukup dua kali sehari usahakan mandinya sampai bersih. Kamu harus menggunakan sabun dua kali dalam pembilasan agar benar-benar bakteri yang menempel di kulit bisa hilang.
2. Rebusan daun sirih
Kamu bisa mandi dengan air rebusan daun sirih secukupnya. Kamu bisa gunakan air daun sirih cukup satu kali dalam sehari ketika mandi pagi atau sebelum kamu beraktivitas berat.
3. Minum rebusan daun sirih
Rebus 4-5 lembar daun sirih untuk satu gelas besar kemudian setelah dituangkan ke dalam gelas kamu campurkan setengah dari potongan jeruk nipis. Bisa kamu rutinkan meminum air rebusan daun sirih satu kali dalam sehari. Rasakan efeknya setelah satu minggu.
4. Mengkonsumsi kemangi
Kemangi biasanya untuk lalapan. Kamu bisa menkonsumsi kemangi untuk mengurangi bau badan kamu. Tidak usah khawatir cara mengkonsumsinya karena kemaring terasa agak pahit. Bisa kamu makan saat makan.
5. Sering mengganti pakaian.
Kamu harus sering mengganti pakaian. Dalam satu hari satu malam minimal kamu harus mengganti pakaian dua kali yakni pada saat mandi pagi dan mandi sore. Untuk jaket kamu yang menempel di dinding itu sudah berapa hari tidak kamu cuci?
6. Menggunakan pakaian dari bahan katun
Gunakanlah pakaian dari bahan yang mudah menyerap air keringat sehingga cara ini bisa meredakan bau keringat kamu
7. Menggunakan pewangi pakaian
Jangan lupa pakaian kamu disetrika dan disempot wewangian agar saat kamu berkeringat tidak bau apek.
Demikian artikel cara menghilangkan bau badan dan penyebab bau badan yang bisa kamu sampaikan. Artikel kamu ambil dari sumber terpercaya seperti detik dan liputan 6. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5