Mendidik dengan Hati

Contoh bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek

Contoh bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek. Shalawat kepada Nabi Muhammad merupakan bentuk kita cinta kepada beliau. Apa yang beliau perintahkan kepada kita semuanya adalah ibadah. Salah satu bentuk ibadah dengan ucapan namun pahalanya yang luar biasa adalah shalawat kepada nabi Muhammad SAW. Shalawat kita akan tetap sampai walaupun kita jauh. Teringat saat mendengar cerita rosululloh SAW saat beliau akan meninggalkan kita. Yang dipikirkan baliau bukan keluarganya, akan tetapi adalah umatnya. Betapa baliau sangat mencintai kita. Semoga kita bisa bertemu beliau kelak dan mendapatkan syafaatnya ketika di akhirat.
bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek
bacaan shalawat nabi yang pendek

Sebelumnya saya menulis di blog ini dengan judul Bacaan shalawat nabi Muhammad SAW yang benar sesuai SunnahBanyak sekali di luar sana yang membahas tentang shalawat. Namun banyak pula yang membahas shalawat nabi yang tidak benar yaitu shalawat yang tidak sesuai dengan anjura beliau dan para shahabatnya. Kita harus takut bahwa amalan yang tidak sesuai dengan apa yang rosululloh SAW sampaikan kepada kita akan tertolak. Oleh karena itu kita harus pandai memilah mana yang sesuai dengan Rosululloh SAW berdasarkan dalil atau hadist yang ada. Karena salah satu syarat diterimanya suatu amalan adalah amalan yang sesuai dengan perintah Alloh SWT dan Rosululloh Muhammad SAW.

Keutamaan membaca shalawat:
Keutamaan membaca shalawat nabi sangatlah luar biasa. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah SAW  bersabda:
مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ
Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)  HR an-Nasa’i (no. 1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018), dishahihkan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi, juga oleh Ibnu hajar dalam “Fathul Baari” (11/167) dan al-Albani dalam “Shahihul adabil mufrad” (no. 643).

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anjuran memperbanyak shalawat tersebut[2], karena ini merupakan sebab turunnya rahmat, pengampunan dan pahala yang berlipatganda dari Allah Ta’ala

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا {56}

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. 33:56)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)


Setelah mengetahui betapa mulianya kita bershalawat kepada nabi Muhammad SAW, kita harus bisa mengamalkan amalan tersebut yaitu bershalawat kepada nabi. Berikut contoh bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek:

1. Dari Zaid bin Abdullah berkata bahwa sesungguhnya mereka dianjurkan mengucapkan,
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ
“Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi. [Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi]” (Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam no. 60. Syaikh Al Albani mengomentari bahwa hadits ini shohih)

2. Selain di atas, kamu juga bisa membaca shalawat yang pendek sebagai berikut:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ucapkanlah,
اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid” [Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia] (Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam no. 56. Syaikh Al Albani mengomentari bahwa sanad hadits ini shohih)

3. "Allohumma sholli wa sallim 'ala nabiyyinaa muhammad" [Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada nabi kami muhammad]  dibaca 10 kali baik pada pagi hari maupun sore hari. {Barang siapa yang bershalawat untukku 10 kali pada pagi hari, dan 10 kali pada sore hari. Maka ia mendapat syafa'atku pada hari kiamat. HR. At-Thabrani}

Demikian artikel dengan judul Contoh bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek yang saya ambil dari rumaysho.com dan muslim.or.id sebagai referensinya. Kita memohon kepada Allah agar kita dimudahkan untuk mengamalkan shalawat kepada nabi SAW. Semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk dan ilmu yang bermanfaat.
Rating: 4.5