Mendidik dengan Hati

Hukum kekekalan energi

Hukum kekekalan energi- Hello guys,,,,, Berjumpa lagi dalam blog fantastis ini. Masih membahas materi Fisika asyik tentunya. Setelah pertemuan kemarin kita membahas tentang macam-macam energi, sumber energi. Tentu kalian bertanya, energi biasa berubah menjadi bentuk energi lain asalkan memenuhi hukum kekekalan energi. Apa itu maksudnya? Seperti yang telah kita ketahui energi adalah suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya bisa diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi.
Hukum Kekekalan Energi


Hukum kekekalan energi menyatakan: energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, energi hanya bisa dikonversi dari bentuk satu energi ke bentuk energi lainnya. Sejatinya energi di alam semesta ini tetap, sehingga energi yang terlibat dalam proses fisika dan kimia merupakan perpindahan  energi dan perubahan ke bentuk energi lainnya. Contohnya:
a.       Energi panas matahari diubah menjadi energi .listrik
b.      Energi gerak pada turbin diubah menjadi energi listrik
c.       Energi listrik diubah menjadi energi cahya
d.      Energi listrik diubah menjadi energi gerak


Adapun penggunaan hukum kekekalan energi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut, simak baik baik ya!

Konsep Energi biasanya digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus dalam mekanika dan termodinamika. Seperti
a.       Contoh dalam sebuah bola yang dilempar vertikal ke atas sampai jatuh lagi ke lantai. Ketika bola bergerak ke atas, kecepatan bola semakin lama semakin melambat karena diperlambat oleh percepatan gravitasi dan ketinggian bola semakin besar. Pada ketinggian tertentu, bola berhenti sesaat dan kembali lagi ke bawah dengan kecepatan yang semakin besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa energi kinetik semakin lama semakin kecil sampai menjadi nol ketika berhenti sesaat pada ketinggian maksimum. Ke manakah energi kinetik tersebut? Energi kinetik tersebut ternyata berubah menjadi energi potensial (Ep) sampai akhirnya mencapai maksimum pada saat mencapai ketinggian maksimum. Begitu pula sebaliknya, energi potensial semakin kecil ketika bola tersebut bergerak ke bawah mendekati lantai. Adapun energi kinetiknya semakin besar dan mencapai nilai paling besar ketika sampai di lantai, tetapi energi potensial bernilai nol ketika sampai di lantai. Setelah diam di lantai, semua energi mekanik benda habis. Nah setiap energi di atas dapat merubah menajdi bentuk energi yang lain dengan memenuhi hukum kekekalan energi.
b.      Saat benda tumbukan, sebagian energi gerak akan berubah menjadi energi bunyi dan energi panas.


Bagaimana? Mudah dipahami bukan? Itulah penjelasan tentang Hukum Kekekalan Energi. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5