Mendidik dengan Hati

Kesetimbangan benda tegar dan contoh soal

Keseimbangan benda tegar dan contoh soal- Hello semua, kalian masih berada di blog penuh ilmu ini. Masih membahas materi Fisika. Tahukah kalian, obyek yang dikaji dalam fisika dapat digolongkan menjadi tiga jenis. Ketiga jenis obyek tersebut adalah (1) partikel tunggal; (2) banyak partikel yang bersifat diskrit, baik partikel bebas maupun terikat (tegar); (3) banyak partikel yang bersifat kontinyu/malar, sebagai contoh adalah fluida dan benda tegar. Lalu apa sih benda tegar itu? Apa pula kesetimbangan benda tegar itu? Nah mari simak baik-baik penjelasan berikut. Check it out!
kesetimbangan benda tegar


Benda tegar adalah benda yang tidak mengalami perubahan bentuk atau setiap titik harus selalu berada pada jarak yang sama dengan titik-titik lainnya sehingga bentuknya hampir selalu lingkaran akibat pengaruh gaya atau momen gaya. Pada kenyataanya semua benda akan mengalami perubahan bentuk apabila dipengaruhi oleh suatu gaya atau momen gaya sehingga istilah benda tegar merupakan suatu bentuk penyerdehaan atau idealisasi dalam memudahkan perhitungan. Dengan perubahannya sangat kecil, pengaruhnya terhadap keseimbangan statis dapat diabaikan, sehingga pendekatan benda tegar cukup tepat. benda tegar yang sedang berputar memiliki momen kelembaman, percepatan linear dan percepatan sudut.

Benda tegar bisa dalam keadaan setimbang  jika memenuhi syarat ∑Fx dan ∑Fy = 0, serta ∑τ = 0. Jadi kita harus sudah memahami dinamika rotasi dan dinamika translasi.

Untuk contoh soalnya sebagai berikut:

Sebuah pengungkit digunakan untuk menahan beban sebesar 5 kg. Jika jarak beban dengan titik setimbang adalah 2m, berapa gaya yang diperlukaan agar sistem seimbang jika jarak gaya 4m?
Jawab:
Sistem seperti ini cukup dengan syarat ∑τ = 0
∑τ = 0
m.g.2-F.4=0
2.5.10=4F
F=100/4= 25N
Jadi memerlukan gaya sebesar 25N


Bagaimana? Mudah dipahami bukan? Itulah penjelasan tentang kesetimbangan benda tegar dan contoh soalnya. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5