Mendidik dengan Hati

Pengertian warga negara menurut para ahli

Pengertianwarga Negara menurut para ahli-Hallo,,, masih semangat belajarnya? Tentu dong :). Pernhakan kalian mendengar percakapan seperti ‘anda warga negara mana?’ atau ‘saya warga negara Indoensia’, sebenarnya apa sih ‘warga negara’ itu? Nah ada kesempatan ini pak guru akan membahas tentang pengertian warga negara menurut para ahli. Mari kita cek satu persatu :)

Pengertian warga negara menurut para ahli -warga negara merupakan warga, peserta, anggota dari suatu organisasi (kumpulan). Dengan demikian warga negara merupakan anggota dari suatu negara.  
Istilah warga negara diambil dari terjemahan kata ‘citizen’ yang berarti:
a. Warga negara,
b. Orang setanah air, penduduk sesama warga negara,
c. Petunjuk dari sebuah kota,
d. Kawula (bawahan).

Pengertian warga Negara menurut para ahli:
1. UU No. 62 Tahun 1958 telah disebutkan bahwa negara republikIndonesia adalah orang- orang yang berdasarkan peraturan perundang-undangan terikat oleh perjanjian-perjanjian yang berlaku sejak proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 sudah menjadi warga negara republik Indonesia. Jadi warga negara dapat diungkapkan sebagai suatu komunitas yang membentuk negara itu sendiri sesuai dengan perjanjian-perjanjian dan perundang-undangan serta memiliki sifat yang timbal balik antara hak dan kewajiban.

2.  Koerniatmanto S mengungkapkan warga negara sebagai anggota negara yang mempunyai kedudukan khusus terhadap negaranya, mempunyai hubungan hak dan kewajiban yang bersifat timbal-balik terhadap negaranya.

3. A.S. Hikam juga menyebutkan bahwa warga negara terjemahan dari “citizenship” yakni anggota dari sebuah kelompok/ komunitas yang membentuk negara itu sendiri. Menggunakan istilah tersebut menurutnya lebih pas dan lebih berarti daripada kawula negara yang artinya objek/ orang- orang yang dimiliki negara dan mengabdi kepada pemiliknya (Negara).

Itulah pengertian warga Negara menurut para ahli. Semoga bisa mengerti sekarang :).
Rating: 4.5