Mendidik dengan Hati

Rumus energi kinetik

Rumus energi kinetik- Hello,,, berjumpa lagi dalam blog penuh edukasi ini. Masih membahas materi Fisika asyik tentunya. Setelah pertemuan kemarin kita membahas tentang Energi Potensial, maka kali ini Pak Guru akan membahas tentang kelanjutan konsep energi yakni Energi Kinetik.
Seperti yang telah kita ketahui energi adalah suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya bisa diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi.


Energi Kinetik adalah energi yang muncul akibat benda tersebut bergerak dengan kecepatan lebih dari nol (jika kecepatannya nol maka energi kientiknya bernilai nol/ hanya memiliki energy potensial), semakin besar kecepatan suatu objek atau benda, maka energi kinetiknya semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Energi kinetik bergantung pada massa benda (m), kecepatan benda (v). Energi ini sama seperti Energi Potensial yang merupakan besaran skalar. Sehingga rumusan Energi kinetik dapat dirumuskan sebagai berikut:
Ek=1/2 mv2
Dengan Ek= energi kinetik (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              v= kecepatan (m/s)

Bersama dengan Energi Potensial akan membentuk konsep energi mekanik yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
Em= Ep+Ek

Contoh kasus dengan menggunakan konsep energi mekanik yakni saat ebnda dilempar ke atas. Saat benda berada di puncak benda berhenti sesaat, di situ Energi Kinetiknya bernilai nol sedangkan Energi Potensialnya paling besar (ketinggian paling maksimum). Saat benda sampai tanah kembali, Energi potensialnya bernilai nol sedangkan Energi Kinetik bernilai maksimal (kecepatan saat berada di tanah paling besar). Jadi besarnya energi mekanik selalu tetap, hanya saja Energi Potensial dan Kinetiknya yang berubah-ubah sesuai dengan ketinggian dan kecepatan benda.

Contoh energi kinetik adalah energi yang yang dihasilkan dari benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu, bola yang dilempar ke atas dsb.


Bagaimana? Mudah dipahami bukan? Itulah rumus Energi Kinetik. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5