Mendidik dengan Hati

Rumus keliling segitiga dan persegi panjang

Rumus keliling setiga dan persegi panjang- Setelah kemarin cukup banyak belajar tentang Fisika, sekarang pak guru akan mengajak berpetualang ke dunia Matematika. Sama asyiknya dengan Fisika, Matematika merupakan ilmu yang asyik untuk dipelajari. Kali ini Pak Guru akan membahas konsep keliling. Tahukah kalian apa keliling itu? Kenapa perlu tahu? Selain berguna dalam kehidupan sehai-hari, konsep keliling juga berkaitan erat lho ama Fisika, yakni nantinya dalam konsep mengukur jarak tempuh dan menghitung kelajuan.
Rumus keliling segitiga dan persegi panjang
Bangun datar dalam mametika memiliki luas dan keliling. Kali ini pak guru akan membahas keliling bnagun datar segitiga dan persegi panjang.
1.      Keliling segitiga
Ada beberapa jenis segitiga, yakni setiga lancip, tumpul, siku-siku, sama sisi, sama kaki, sembarang. Keliling segitiga merupakan penjumlahan sisi-sisinya. Perhatikan gambar segitiga di atas, maka kelilingnya bisa ditulis sebagai berikut:
K=a+b+c
Dengan K= keliling segitiga (satuan luas)
              a, b, c= panjang sisi sisi segitiga (satuan luas)

2.      Keliling persegi panjang
Sama seperti keliling segitiga, keliling persegi panjang juga merupakan penjumlahan sisi sisinya. Perhatikan gambar persegi panjang di atas, maka kelilingnya dapat dirumuskan:
K= a+b+c+d= 2p+2l
Dengan K= keliling persegi panjang (satuan panjang)
             a, b, c, d= panjang sisi persegi panjang (satuan luas)
             p= panjang (satuan luas)
             l= lebar (satuan luas)
berikut ini contoh perhitungan keliling:

1. 1. Suatu kebuh berbentuk setitiga sama kaki dengan panjang sisinya masing-masing  2m, 4m, 4 m. Jika di pinggiran kebun akan dipasang pagar pengaman, dengan harga pagar tiap meternya Rp 50.000,00. Butuh biaya berapa untuk pemasangan pagar tersebut?
Jawab:
Untuk mengetahui panjang pagar keseluruhan, maka kita perlu tahu keliling taman tersebut. Dengan demikian keliling taman didapat:
K=a+b+c= 2+4+4=10 m
Biaya total yang dibutuhkan = Rp 50.000,00 x 10 = Rp 500.000,00
Jadi untuk memagari pinggiran taman dibutuhkan biaya sebesar Rp 500.000,00

2. 2. Mia mengintari pinggiran lapangan berbentuk persegi panjang dua kali putaran penuh dan menempuh jarak 600 m. jika lebar lapangan 50 m. Berapa panjang lapangan?
Jawab:
Karena mengelilingi dua kali putaran penuh, maka keliling lapangan 600m/2= 300 m.
Maka K=2p+2l
          300=2p+2.50
          300=2p+100
             2p=200, maka p= 100m.
Jadi panjang lapangan 100m.
Bagaimana? Mudah sekali bukan? Itulah rumus keliling setiga dan persegi panjang beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Matematika lainnya yang lebih menarik dan tentunya menantang. 
Rating: 4.5