Mendidik dengan Hati

Rumus luas permukaan bola dan rumus volume bola

Rumus luas permukaan bola dan rumus volume bola- Setelah kemarin belajar tentang rumus luas bangun ruang tabung dan rumus volume tabung. Pertanyaan sekarang, bagaimana kalau bangun tersebut berupa bangun ruang bola? Maka kali ini pak guru akan membahas tentang konsep luas dan volume bangun ruang  yang lain yakni bola. Bagaimana rumus luas dna volumenya? Mari kita lihat pembahasan berikut! Check these out!
rumus luas permukaan bola dan rumus volume bola
Rumus luas permukaan bola
Kita tahu bahwa bola merupakan bangun ruang seperti gambar di atas. Jika dilakukan percobaan, ambil bola atau jeruk yang bulat sempurna, potong dua sama besar dan bikin lingkaran dari hasil potongan tadi. Kemudian potong menjadi empat bagian sama besar, kupas kulit jeruk tersebut, dan tempelkan pada lingkaran hasil menggambar tadi, hasilnya,,, taraaa,,,,, ternyata luas seperempat kulit jeruk tadi sama dengan luas lingkaran. Jadi luas kulit bola sama dengan luas empat kali lingkaran dengan jari-jari sama. Jadi rumus luas permukaan bola dapat ditulis:
L= luas 4 buah lingkaran
L= 4 x πr2
L=4πr2
Dengan L= luas permukaan bola (satuan panjang kuadrat)
             r= jari-jari bola (satuan panjang)
             π= 22/7 atau 3,14
Rumus volume bola
Untuk menurunkan rumus volume bola dapat memanfaatkan konsep kalkulus volume benda putar atau integral lipat. Nah tapi kali ini belum membahas itu, jadi langsung ditrima dulu saja ya  kalau rumus volume bola itu dpat dirumuskan sebagai berikut:
V= 4/3πr3
Dengan V= volume bola (satuan volume)
           r= jari-jari bola (satuan panjang)
    
Bagaimana? Mudah sekali bukan? Itulah rumus luas permukaan bola dan rumus volume bola.  Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Matematika lainnya yang lebih menarik dan tentunya lebih menantang. 
Rating: 4.5