Mendidik dengan Hati

Bentuk bentuk bakteri dan bakteri gram positif dan negatif

Bentuk bentuk bakteri dan bakteri gram positif dan negatif- Haiiii,,,,,berjumpa lagi! Kalian masih berada di blog penuh dengan ilmu ini. Kali ini pak guru masih akan membahas seputar Biologi dan masih seputar bakteri. Setelah pertemuan sebelumnya membahas bakteri dan pengertiannya, kemudian bakteri yang menguntungkan dan yang merugikan, penyakit yang disebabkan oleh bakteri, kemudian macam-macam danjenis bakteri, maka kalai ini pak guru akan membahas topik yang tak kalah menariknya, yaitu Bentuk bentuk bakteri dan bakteri gram positif dan negatif. Langsung saja simak baik-baik penjelasan berikut ini! Check these out!

Bentuk bentuk bakteri dan bakteri gram positif dan negatif



Mengingat kembali berikut ini merupakan bentuk-bentuk bakteri teridiri atas:
1.      Bacillus
Bakteri basil adalah jenis bakteri yang bentuknya menyerupai batang. Terbagi ke dalam beberapa jenis yakni monobasil, diplobasil dan juga streptobasil.
a.       Streptobacillus (bentuk batang berkoloni membentuk rantai)
Contoh bakteri: Bacillus anthracis, Azotobacter,,dan Streptobacillus moniliformis
b.      Monobacillus (bentuk batang tunggal),
Contoh bakteri: Lactobacillus, Escherichia coli, dan Salmonella typhi
2.      Coccus,
Bakteri kokus adalah jenis bakteri yang bentuknya bulat seperti bola. Masih terbagi menjadi beberapa jenis yakni bakteri monokokus (tunggal), bakteri diplokokus (dua bola berdempetan), tetrakokus (tiga bola berdempetan), dan seterusnya tergantung kelipatannya.
a.       Monococcus (bentuk bola tunggal),
Contoh bakteri: Neisseria gonorrhoe
b.      Diplococcus: (bentuk bola berkoloni dua-dua)
Contoh bakteri: Diplococcus pneumonia
c.       Sarcina (bentuk bola berkoloni membentuk kubus)
Contoh bakteri: Sarcina sp.
d.      Staphylococcus (bentuk bola berkoloni membentuk buah anggur )
Contoh bakteri: Staphylococcus aureus,
e.       Streptococcus (bentuk bola berkoloni membentuk rantai )
Contoh bakteri: Streptococcus thermophillus, Streptococcus pyogenes, dan 
Streptococcus lactis
3.      Spiral
Bakteri spirilia adalah jenis bakteri dengan bentuk seperti spiral atau komamasih dibagi lagi menjadi jenis-jenis sebagai berikut: spiral bergelombang, spiroseta atau berbentuk layaknya sekrup dan juga bakteri vibro dengan bentuk layaknya tanda baca koma.
a.         Comma (berbentuk lengkung setengah lingkaran, koma)
Contoh bakteri: Vibrio comma atau Vibrio cholerae
b.         Spirillum (berbentuk lengkung lebih dari setengah lingkaran)
Contoh bakteri: Spirillum minor
c.         Spirochaeta (berbentuk lengkung seperti kumparan)
Contoh bakteri: Treponema pallidum (penyebab penyakit sipilis)

Terus, apa sih yang dimaksud dengan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif? Pada tahun 1884, seorang dokter berkebangsaan Denmark, yakni Hans Christian Gram, mengembangkan teknik untuk membedakan jenis bakteri berdasarkan ketebalan lapisan peptidoglikan pada dinding sel dengan sistem pewarnaan. Bakteri diwarnai dengan zat warna berwarna violet dan yodium, kemudian dibilas (dicuci) dengan alkohol, dan diwarnai sekali lagi dengan zat warna merah. Bila bakteri menunjukkan warna ungu, maka dikelompokkan pada jenis bakteri Gram positif, dan bila bakteri menunjukkan warna merah maka dikelompokkan pada jenis bakteri Gram negatif. Akan tetapi ada pula bakteri yang pada usia tertentu berubah dari Gram positif menjadi Gram negative yang dikenal dengan Gram variabel. Contoh bakteri Gram variabel, yaitu bakteri yang tergolong famili Bacillaceae. Perbedaan yang paling mencolok antara bakteri gram positif dan negatif adalah pada komponen dinding selnya.  Bakteri negatif lapisan peptidoglikogennya tipis, sedangkan bakteri gram positif memiliki membran tunggal yang dilapisi peptidoglikan yang tebal.


Itulah uraian tentang Bentuk bentuk bakteri dan bakteri gram positif dan negatif. Begitu kompleks ya Allah menciptakan mahluk hidup. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita selalu menjaga lingkungan sekitar. Terus berkunjung ke blog ini ya!
Rating: 4.5