Mendidik dengan Hati

Bunyi hukum archimedes

Bunyi hukum archimedes- Setelah sebelumnya membahas tekanan yang disebabkan oleh zat cair atau tekanan hidrostatis, maka kali ini pak guru akan membahas materi masih dalam fluida statis yakni Hukum Archimedes. Bagaimana azasnya? Apa aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari? Simak uraian berikut!
Bunyi hukum archimedes

Prinsip Hukum Archimedes
Pada zaman dahulu Archimedes dibuat pusing oleh rajanya karena dia diminta untuk menguji apakah mahkota yang raja pakai itu bener-benar terbuat dari emas asli atau bukan. Setelah
Di dalam fluida yang diam, suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruh volumenya akan mengalami gaya tekan ke atas (gaya apung) sebesar berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut, yang lazim disebut Gaya Archimedes. Pada elemen ini bekerja gaya-gaya:
1. Gaya berat benda W
2. Gaya-gaya oleh bagian fluida yang bersifat menekan permukaan, yaitu gaya angkat ke atas Fa.

Kedua gaya saling meniadakan, karena elemen/ benda berada dalam keadaan setimbang dengan kata lain gaya-gaya ke atas = gaya-gaya ke bawah. Artinya resultan seluruh gaya pada permukaan arahnya akan keatas, dan besarnya sama dengan berat elemen fluida tersebut dan titik tangkapnya adalah pada titik berat elemen. Dari sini diperoleh prinsip Archimedes yaitu bahwa suatu benda yang seluruhnya atau sebagian tercelup didalam satu fluida akan mendapat gaya apung sebesar dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut.

Secara matematis hukum Archimedes diformulasikan:
F= m.g
F= ρb. Vb. g,
karena gaya tekan ke atas tergantung dengan massa benda yang tercelup pada fluida dan besarnya sama dengan volume fluida yang dipindahkan oleh benda, maka:
Fa= ρf.Vbf. g
dengan Vbf : volume benda yang tercelup dalam fluida,
ρf: massa jenis fluida, kg/m3
g: percepatan gravitasi, m/s2

Perhatikan: Hukum Archimedes berlaku untuk semua fluida termasuk gas dan zat cair.  Jika benda tercelup semua maka Vbf = volume benda. Benda yang dimasukkan ke dalam zat cair, akan terjadi tiga kemungkinan keadaan yaitu terapung, melayang dan tenggelam. Ketiga kemungkinan keadaan tersebut terjadi ditentukan oleh perbandingan massa jenis benda dengan massa jenis fluida.

Aplikasi dari Hukum Archimedes adalah gunung es yang tidak sepenuhnya tenggelam dalam laut, penggunaan galangan kapal dalam kapal selam dan masih banyak lainnya.

Mudah dipahami bukan? Ternyata konsep tekanan berhubungan erat denagn kehidupan sehari-hari ya. Itulah Bunyi hukum archimedes. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,, karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5