Mendidik dengan Hati

Bunyi hukum pascal dan rumus hukum pascal

Bunyi hukum pascal dan rumus hukum pascal- Berjumpa lagi dalam blog penuh ilmu ini. Setelah sebelumnya membahas tekanan yang disebabkan oleh zat cair atau tekanan hidrostatis, kemudian prinsip Hukum Archimedes, maka kali ini pak guru akan membahas materi masih dalam fluida statis yakni Bunyi hukum pascal dan rumus hukum pascal. bagaimana sih konsepnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Simak uraian berikut!
Bunyi hukum pascal dan rumus hukum pascal

Bunyi Hukum Pascal
Tekanan yang bekerja pada fluida statis dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata, artinya besar tekanan yang menekan wadah sama besar di setiap tempat, hal ini dikenal sebagai prinsip PASCAL.

Tinjau sistem kerja penekan hidrolik seperti pada di atas. Apabila dikerjakan tekanan P1 pada penampang A1 maka tekanan yang sama besar akan diteruskan ke penampang A2 sehingga memenuhi P1 = P2 dan diperoleh perumusan sebagai berikut:
Karena P1=P2 maka F1/A1=F2/A2
Atau jika beban yang akan diangkat berupa gaya berat, maka:
F1/A1=W2/A2
W2= (A2/A1)F1
Dengan F1= gaya tekan (missal pada dongkrak) N
A1= luas penampang kecil (m2)
W2= beban yang akan dinagkat (missal mobil) N
A2= luas penampang dua (m2)

Dari persamaan di atas terlihat, jika ingin gaya tekan kecil, maka luas penampang kedua harus lebih besar. Adapun alat-alat teknik yang menggunakan sistem prinsip Pascal adalah rem hidrolik dan pengangkat mobil (dongkrak) dalam bengkel.

Contoh soal:
Seorang pekerja bengkel memberikan gaya tekan pada pompa hidrolik dengan gaya 200 N. apabila perbandingan penampang silinder kecil dan besar 1 : 10, berapa berat beban yang dapat diangkat oleh pekerja tersebut?
Jawab:
W2= (A2/A1)F1
W2=10/1. 200
W2=2000N
Jadi beban yang bisa diangkat adalah 2000 N


Mudah dipahami bukan? Ternyata konsep tekanan berhubungan erat denagn kehidupan sehari-hari ya. Itulah Bunyi hukum pascal dan rumus hukum pascal. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5