Mendidik dengan Hati

Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang

Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbangCerdas dan memiliki otak yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Kecerdasan otak kiri dan otak kanan berbeda lho. Bagaimana melatihnya agar seimbang? Berikut ini tips-tipsnya. Semoga bermanfaat!
Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang

Otak Kiri
Penggunaan otak kiri cenderung memiliki sifat logis, sistematis, kaku dan merupakan aktivitas yang dilalukan secara sadar dan penuh alasan. Seseorang yang cenderung menggunakan otak kiri, tindakan yang dilakukan berdasarkan pada urutan-urutan sistematis, ikut-ikutan, dan yang perlu diketahui jika otak kiri emndominasi maka cenderung akan terlalu banyak melakukan pertimbangan-pertimbangan pada akhirnya muncul alasan untuk tidak melakukan apa yang harus dilakukannya. Otak kiri juga yang bertanggung jawab dalam berbicara, orang yang pandai berbicara di depan umum biasanya sangat baik dalam perkataanya, dan otak kanan adalah berfungsi untuk merangkai kata-kata yang indah sehingga memberikan kekuatan saat berbicara di depan umum. Beda jenis manusia tentu beda sifat yang dimiliki.

Otak Kanan
Otak kanan bertanggung jawab atas sifat seperti iamjinatif, kreatif, penuh inovasi, lebih fleksibel, menerima hal-hal baru yang terkadang tidak logis, dan dilakukan menurut kebiasaan secara tidak sadar. Jika penggunaan otak kanan lebih dominan, maka seseorang cenderung akan melakukan hal-hal yang baru serta melakukan sesuatu berdasarkan pada keyakinan yang terdapat di alam bawah sadarnya. Dengan memanfaatkan otak kanan ini kemampuan berbicara di depan umum dapat dilatih.
Nah agar otak kiri dan kanan bisa bekerja secara seimbang, ada beberapa latihan yang bisa dilakukan, diantaranya:
1. Raymond Dart mengungkapkan bahwa jika kita sering menggunakan dua anggota tubuh secara seimbang berarti penggunaan otak kiri dan otak kanan sudah cukup seimbang. Kordinasi dua sisi tubuh akan meningkatkan kesatuan dan keseimbangan penggunaan kedua belahan otak. Latihan sederhana yang bias dilakukan adalah:
a. Menulis di depan kaca bias dilakukan,
b. Menggambar atau menulis dengan kedua tangan bersamaan,
c. cobalah menggunakan tangan yang tidak sering kita pakai missal dalam menulis,
d. Bersedekaplah dan bersila dengan cara yang berbeda dari kebiasaan kita,
e. Coba melakukan senam ringan dengan cara menyilang.
2. Ned Hermann, seorang ahli dominasi otak, menyarankan jika seorang pemikir dengan otak kanan maka otak kiri bias dilatih dengan:
a.merangkai rakitan model berdasarkan instruksi/ perintahnya sesuai prosedur,
b. mengatur pengeluaran pribadi kita, diusahakan tepat waktu setiap hari,
c. memepelajari cara kerja alat-alat yang sering kita pakai.
d. mengatasi masalah-masalah yang ada dan menganalisis bagian utamanya.

Jika seorang pemikir dominan otak kiri, maka otak kanan dapat dilatih dengan:
a. menciptakan logo pribadi,
b. menyisihkan waktu jeda perasaan selama 10 menit setiap hari,
c. mengusahakan memahami perasaan binatang peliharaan kita,
d. menemukan resep sendiri dan mempraktekannya,
e. berkreasi dalam fotografi.

Itulah uraian sekilas tentang Cara melatih otak kanan dan kiri agar seimbang. Semoga berguna. Selalu jaga kesehatan ya! Terimaksih atas kunjungan ke blog ini!


Rating: 4.5