Mendidik dengan Hati

Ciri-ciri penyakit liver, penyebab, dan pengobatannya

Ciri-ciri penyakit liver, penyebab, dan pengobatannya- Kali ini pak guru akan membahas masalah kesehatan, karena apa? Kesehatan itu penting sekali dan mahal harganya, maka dari itu kita wajib menjaganya ya! Ingat di dalam tubuh yang sehat bersemayam jiwa yang kuat. Membahas penyakit yang menyerang manusia sungguh snagat banyak, selain gaya hidup modern yang sekarang cenderung menyepelakan masalah kesehatan. Konsumsi junkfood dan minuman-minuman berarkohol adalah sebagian penyumbang masalah kesehatan saat ini. Penyakit liver yang menyerang organ hati merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi momok selain kanker dan diabetes. Bagaimana kah awal gejala penyakit ini? Apa penyebabnya dan bagaimana upaya pencegahan awalnya? Baiklah simaklah uraian berikut! Check these out!
Ciri-ciri penyakit liver, penyebab, dan pengobatannya
Hati merupakan organ besar yang terletak pada sebelah bawah kanan tulang rusuk ini mempunyai fungsi yang cukup vital dalam tubuh, terutama sebagai penawar racun. Bayangkan saja jika hati kita rusak, maka tubuh kita akan keracunan zat sisa-sisa metabolisme. Selain itu fungsi hati dalam tubuh adalah sebagai tempat penyimapanan zat-zat mineral zat besi, kalium dan tembaga, sebagai tempat pembentukan zat pembeku darah dan plasma darah, tempat penyimpan cadangan air, tempat pembakaran gula serta pembentukan kolesterol, dan  tenpat mengubah lemak menjadi asam lemak. Zat-zat racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan dibuang ke hati bersama-sama cairan empedu menuju usus besar. Benar-benar kompleks kan fungsi hati? Karena pola makan yang sembarang dan asal makan tanpa memperhatikan istirahat, maka fungsi hati bisa saja terganggu, bahkan terjadi penurunan fungsi organ secara akumulatif. Penyakit yang muncul pun bisa saja karena pola makan, terkena virus atau bakteri seperti hepatitis, radang liver.

Adapun penyebab penyakit radang hati atau liver adalah sebagai berikut:
1.      Seringnya konsumsi obat berlebihan ataupun minuman suplemen,
2.      Pola hidup yang amburadul, tanpa diimbangi istirahat, sering bergadang, aktivitas berlebihan.
3.      Pola makan yang kacau, makanan tidak sehat dan kurang higienis

Adapun gejala awal liver terganggu fungsinya adalah sebagai berikut:
1.      Terjadi nyeri atau kram di sisi kanan perut dan persendian juga
2.      mudah capek, letih, lemah, lelah dan lesu,
3.      nafsu makan hilang sehingga berat badan turun drastis,
4.      bisa mengalami depresi,
5.      warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan atau bahkan kuning, air seni berwarna gelap,
6.      mual, muntah, dan diare,

Penyakit hepatitis meruakan peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Jenis hepatitis yang sering dialami yakni hepatitis A, B, dan C, Hepatitis A bersifat akut dan jarang menjadi kronis. Sedangkan hepatitis B dan C termasuk penyakit hati yang kronis  atau menahun yang dapat berlanjut menjadi sirosis dan kanker hati apabila tidak ditangani dengan baik. Banyak orang tak sadar kalau menderita hepatitis karena biasanya tanpa gejala awal yang jelas, dianggapnya penyakit biasa karena kecapekan. Pasien bisa menderita lebih dari satu jenis hepatitis dalam waktu bersamaan. Radang hati atau liver yang disebabkan oleh virus Hepatitis A, B, dan C memiliki pravalensi tinggi di Indonesia, hasil penelitian menunjukkan 20 juta penduduk Indonesia terjangkit oleh hepatitis A, 20 juta lebih penduduk lainnya terkena hepatitis B, 8 juta lebih penduduk Indonesia mengidap hepatitis C.

Bagaimaan pengobatan dan pencegahannya? Kunci utamanya adalah dengan rubah pola makan yang selama ini dilakukan. Kalau perlu lakukan Food Combining. Setelah bangun tidur sebelum minum air putih, minumlah jeruk nipis peras tanpa gula hangat, boleh dikasih madu sedikit saja kalau belum terbiasa, minum secara perlahan-lahan, kemudian dilanjut minum air putih. Pagi sarapan buah sampai jam 11.00. Kemudian siang makan biasa dengan aturan protein hewani tidak boleh dicampur dengan karbohidrat atau pati, tetapi boleh dengan sayur baik yang diolah maupun mentah, makan malam juga begitu. Penuhi kebutuhan air dengan konsumsi air putih yang cukup 8 gelas minimal sehari. Kurangi atau bahkan hindari konsumsi kopi, teh, susu, minuman bersoda atau beralkohol. Perbanyak konsumsi sayur mentah segar karena kaya akan enzim. Dan yang paling penting, jangan suka bergadang, istirahat yang cukup. Tidak perlu mengkomsumsi obat-obatan herbal, percayalah semua bikinan pabrik itu akan kalah sama bikinan Allah SWT. Manfaatkan semua yang sudah diciptakan oleh Tuhan kepada kita, seperti buah-buahan segar, air putih, sayur segar. Ingat kalau kita memfasilitasi tubuh sesuai dengan kebutuhannya, maka tubuh akan memberikan timbal balik yang sama dengan kita. Selamat mencoba!

Itulah uraian tentang Ciri-ciri penyakit liver, penyebab, dan pengobatannya. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita selalu menjaga kesehatan tubuh. Terus bernjung ke blog ini ya!
Rating: 4.5