Mendidik dengan Hati

Energi mekanik dan contohnya

Energi mekanik dan contohnya- Masih dalam blog penuh ilmu ini dan tentunya masih membahas materi Fisika tentang energi. Setelah pertemuan kemarin kita membahas tentang energi kinetik dan energi potensial beserta contohnya, maka pertemuan kali ini Pak Guru akan membahas tentang kelanjutan konsep energi Energi mekanik dan contohnya.
Energi mekanik dan contohnya

Seperti yang telah kita ketahui energi adalah suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya bisa diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi. Konsep energi mekanik itu sendiri merupakan penjumlahan energi dalam sistem mekanik yakni kelompok benda yang berinteraksi berdasarkan prinsip mekanik dasar. Merupakan penjumlahan energi kinetik (energi gerak) dengan energi potensial (energi yang tersimpan karena posisi terhadap permukaan bumi). Pada sistem mekanik, gaya gravitasi merupakan gaya luar utama yang perlu dipertimbangkan. Sedangkan dalam dalam sistem kimia, gaya antara molekul individual dan atom semua harus diperhitungkan.

Energi Potensial itu sendiri adalah energi yang tersimpan dalam benda atau objek karena suatu posisi atau ketinggian objek tersebut terhadap acuan tertentu, biasanya ketinggian tertentu terhadap permukaan tanah (jadi energi potensial di permukaan tanah dianggap nol). Semakin jauh posisi benda tersebut terhadap permukaan bumi/ tanah, maka energi potensialnya semakin tinggi, begitu pula sebaliknya.
Ep=m.g.h
Dengan Ep= energi potensial (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              g= percepatan gravitasi (m/s2)    
              h= ketinggian (m)
Selain itu energi potensial juga terdapat dalam sistem pegas yang dikenal sebagai energi potensial pegas, dapat drumuskan:
Epp= ½ kx2
Dengan Epp= energi potensial pegas (joule)
k= konstanta pegas (N/m)
x= pertambahan panjang pegas (m)
Contoh sumber energi ini adalah energi dalam sistem bendungan, energi dalam air terjun yang jatuh ke permukaan air, energi dalam buah yang tergantung di pohon, energi yang tersimpan dalam sistem pegas.

Energi Kinetik merupakan energi yang muncul akibat benda tersebut bergerak dengan kecepatan lebih dari nol (jika kecepatannya nol maka energi kientiknya bernilai nol/ hanya memiliki energy potensial), semakin besar kecepatan suatu objek atau benda, maka energi kinetiknya semakin besar, begitu pula sebaliknya.
Ek=1/2 mv2
Dengan Ek= energi kinetik (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              v= kecepatan (m/s)
Contoh sumber energi ini adalah energi yang dihasilkan dari turbin bergerak, generator dalam sepeda, energi dalam kincir angina karena digerakkan oleh angin.

Nah setiap energi di atas dapat merubah menjadi bentuk energi yang lain dengan memenuhi hukum kekekalan energi.

Itulah penjelasan tentang Energi mekanik dan contohnya. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5