Mendidik dengan Hati

Fungsi paru paru dan jantung dari pakar biologi

Kali ini pak guru masih akan membahas seputar Fungsi paru paru dan jantung. Setelah pertemuan sebelumnya membahas fungsiparu-paru sebagai alat ekskresi, paru-paru sebagai alat pernafasan,   Ternyata kedua organ ini bekerja saling berhubungan dan bekerja sama guys. Mau tahu bagaimana kerja mereka?  Baiklah inilah uraian penjelasannya! 
Fungsi paru paru dan jantung
memakai masker merupakan upaya menjaga kesehatan paru-paru dan jantung

 Seperti yang kita ketahui, Paru-paru membentuk organ-organ utama dari sistem pernapasan dan memfasilitasi pertukaran gas bersama dengan saluran udara yang terkait dan pembuluh darah. Nah disinilah paru-paru dan jantung bekerja sama dalam pertukaran gas O2. Di paru-paru ada bagian yang namanya alveolus dimana pertukaran gas CO2 dan O2 terjadi. Gas O2 diikat oleh hemoglobin dalam sel darah merah yang akan dibawa ke jantung (pada bagian serambi kiri) dan akan salurkan atau edarkan ke seluruh tubuh oleh darah melalui pembuluh arteri. Gas CO2 hasil pertukaran di alveolus yang dibawa oleh darah akan dikeluarkan saat kita menghembuskan nafas. Benar-benar kerja sama yang penting kan bagi tubuh? Subhanalllah!

Fungsi paru-paru
1. menurut wikipedia, fungsi dari paru-paru adalah menukar O2 atau oksigen yang diambil oleh tubuh dari udara dengan karbondioksida atau CO2 dari darah. Selain fungsi darah menghantarkan sari-sari makanan, darah juga mengikat karbondioksida untuk ditukar dengan oksigen.
2. mengendalihan tingkat keasaman atau pH darah
3. menghirup oksigen untuk diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh
4. menyaring atau memfilter darah yang menggumpal dapa pembuluh vena.
5. melindungi hati dari guncangan luar. Seperti orang jatuh dan lainnya. 

Jantung manusia merupakan organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Ukuran jantung sekitar seukuran kepalan tangan masing-masing manusia dan massanya antara 250 sampai 350 gram. Jantung terdri atas empat ruang yakni dua ruangan atas (atrium) atau serambi jantung dan dua yang lebih rendah (ventrikel) atau bilik jantung. Atrium kanan dan ventrikel kanan membentuk jantung sebelah kanan, dan atrium kiri dan ventrikel kiri membentuk jantung sebelah kiri. Ruang-ruang jantung tersebut dipisahkan oleh dinding otot disebut septum memisahkan kedua sisi jantung. Otot jantung bikik kiri lebih tebal daripada runag jantung yang lain, karena tugasnya yang paling berat yakni memompa darah ke seluruh tubuh.

Adapun fungsi jantung itu sendiri yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh, kembali ke jantung dan menampungnya kembali setelah darah dibersihkan kembali oleh organ paru-paru. Dapat disimpulkan bahwa fungsi jantung manusia adalah sebagai alat pemompa darah. Sedangkan fungsi paru-paru sendiri selain sebagai sistem respirasi, juga bersama-sama jantung berkontribusi dalam penyediaan gas oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme.

Fungsi jantung
Secara umum, fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh kita kemudian menampunyak kembali ke jantung setelah darah mengalami pembersihan oleh paru-paru. Sudah dijelaskan di atas bahwa darah yang dipompa oleh jantung sudah mengandung oksigen. Sedangkan dah tersebut akan menuju ke paru-paru yang terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Setelah darah sudah bersih dari karbondioksida darah dipompa jantung lagi. Begitu seterusnya.

Meknaisme kerja jantung dan paru-paru
Organ jantung bekerja melalui mekanisme secara terus menerus, berulang-ulang yang juga dikenal sebagai sebuah siklus jantung sehingga disebut sebagai denyut jantung. Melalui mekanisme bergantian, jantung melakukan relaksasi untuk mengisi darah dan melakukan  konstraksi untuk mengosongkan isi jantung ke seluruh tubuh. Jantung melakukan sebuah periode sistol yaitu periode saat berkontraksi dan mengosongkan isinya (darah), dan periode diastol yaitu periode yang melakukan relaksasi dan pengisian darah pada jantung. Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan pula untuk melakukan mekanisme tersebut.
Itulah uraian tentang Fungsi paru paru dan jantung. Begitu kompleks ya Allah menciptakan organ paru-paru mahluk hidup. Tugas kita adalah selalu menjaga kesehatannya ya guys! Hindari merokok dan hindari dari polusi agar jantung dan paru-paru kita tetap sehat. Semangat
Rating: 4.5