Mendidik dengan Hati

Fungsi pembuluh darah

Fungsi pembuluh darah- Heloo,,,,berjumpa lagi dalam blog penuh edukasi ini. Masih semangat dong belajar Biologinya! Setelah pertemuan sebelumnya membahas pengangkutan pada manusia yakni tentang sel darahmerah dan sel darah putih. Pada kesempatan kali ini pak guru akan membahas sarana pengangkutannya, yakni melalui pembuluh darah. Apa fungsi pembuluh darah? Apa saja jenisnya?  Baiklah simak baik-baik penjelasan berikut! Check these out!
Fungsi pembuluh darah
Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi atau kardiovaskular yang membawa darah ke seluruh tubuh. Dikenal ada tiga jenis pembuluh darah yakni arteri yang berfungsi membawa darah kaya akan oksigen dari jantung. Pembuluh darah kapiler yang berfungsi sebagai tempat pertukaran sebenarnya bahan makanan hasil metabolism, air, dan bahan kimia antara darah dan jaringan bakan ke sel. Pembuluh terkecil, kapiler, membuat 98 persen dari panjang pembuluh darah. Pembuluh darah balik atau vena yang berfungsi membawa darah kotor (kaya akan karbondioksida) dari kapiler kembali ke jantung. Keseluruhan sistem peredaran (sistem kardiovaskuler) terdiri dari arteri, arteriola, kapiler, venula dan vena. 
Pembuluh arteri memiliki tebal, berotot, dinding elastis yang dapat menahan gelombang tekanan darah yang cukup tinggi yang dipompa dalam setiap detak jantung. Arteri (kuat dan lentur) membawa darah dari jantung dan menanggung beban tekanan darah yang paling tinggi. Kelentur annya membantu mempertahankan tekanan darah diantara denyut jantung. Arteri yang lebih kecil dan arteriola memiliki dinding berotot yang menyesuaikan diameternya untuk meningkatkan atau menurunkan aliran darah ke daerah tertentu. Arteri terbesar dikenal dengan aorta, muncul dari jantung dan bercabang ke jaringan arteri semakin kecil yang membawa darah bersih ke setiap bagian tubuh. Arteri bercabang ke pembuluh semakin kecil (arteriol) yang akhirnya bergabung dengan kapiler kecil, yang memiliki dinding yang tebalnya hanya satu sel, terjadi pertukaran zat di sana antara lain hasil metabolisme, air, zat makanan ke jaringan atau sel-sel. Kapiler merupakan pembuluh darah yang halus dan berdinding sangat tipis, yang berfungsi sebagai jembatan diantara arteri (membawa darah dari jantung) dan vena (membawa darah kembali ke jantung). Pembuluh kapiler bergabung dengan vena kecil (venula), yang secara bertahap bergabung ke dalam pembuluh darah yang lebih besar yang pada gilirannya bergabung dengan jaringan pembuluh darah kecil yang bergabung menjadi vena yang lebih besar saat darah kotor kembali ke jantung. Pembuluh balik vena memiliki dinding tipis yang memungkinkan untuk memperluas dan tahan volume besar darah ketika tubuh sedang beristirahat, tekanan darah tidak begitu besar. Pembuluh vena besar mengandung katup satu arah untuk menghentikan darah mengalir dengan cara yang salah.
Komponen utama dari pembuluh darah yang terdiri atas arteri, arteriol, kapiler, venula dan vena  memiliki berbagai fungsi dalam menjaga tubuh tetap hidup dan sehat. Fungsi ini meliputi mengangkut darah beroksigen seluruh tubuh, mengangkut darah dari jantung,  mengangkut darah dari arteri ke kapiler, menguras darah dari kapiler ke dalam vena dan bertukar oksigen, karbon dioksida, air dan garam antara tubuh dan jaringan sekitarnya . Arteriol juga pengatur utama tekanan dan aliran darah. Kapiler juga membantu dalam penyediaan jaringan tubuh dengan komponen yang diperlukan darah.
Pembuluh darah merupakan komponen penting dalam hampir setiap kondisi medis. Kanker tidak dapat berkembang kecuali tumor memberlakukan angiogenesis, atau pembentukan pembuluh darah. Pembuluh ini diperlukan untuk menyediakan kebutuhan metabolisme sel-sel ganas ‘. Aterosklerosis, atau penciptaan benjolan lipid dalam pembuluh darah, juga merupakan penyebab utama penyakit jantung. Pembuluh darah juga rentan selama inflamasi. Jika tubuh rusak karena trauma, misalnya, tubuh mungkin mulai perdarahan akibat kerusakan pembuluh darah.
Itulah uraian tentang Fungsi pembuluh darah. Begitu kompleks ya Allah menciptakan kebutuhan organ vital untuk mahluknya, khususnya tumbuhan. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Terus berkunjung ke blog ini ya!
Rating: 4.5