Mendidik dengan Hati

Fungsi pembuluh xilem dan floem

Fungsi pembuluh xilem dan floem - Setelah pertemuan sebelumnya membahas pengangkutan pada manusia yakni tentang sel darahmerah dan sel darah putih. Pada kesempatan kali ini pak guru akan membahas sistem pengangkutan pada mahluk Allah yang lain, yakni pengangkutan pada tumbuhan. Apa saja pembuluh angkut pada tumbuhan? Bagaimana mekanismenya? Check these out!
Fungsi pembuluh xilem dan floem
klik untuk diperbesar tentang perbedaan xilem dan floem
Kita bisa lihat di atas bahwa letak pembulu xilem berdekatan dengan pembuluh floem. Xilem letaknya lebih ke dalam dibandingkan pembuluh floem
Fungsi pembuluh xilem atau pembuluh kayu adalah mengangkut cairan yang berisi unsur hara atau mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan menuju ke daun. Akar akan menyerap air dan mineral. Kemudian yang mengangkut adalah pembuluh xilem.
Fungsi pembuluh floem atau pembuluh tapis adalah mengedarkan dari hasil fotosintesi yang terjadi pada daun menuju seluruh tubuh tumbuhan baik itu akar, batang, dan kulit tumbuhan. Zat tersebut berupa gula atau sukrosa dan zat-zat lain untuk kelangsungan hidup tumbuhan.

Tipe sel pada pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem) masing-masing berbeda. Di bagian akar dan bagian batang, kedua pembuluh tersebut letaknya berbeda. Xilem letaknya lebih ke dalam dan floem letaknya menuju keluar. Namun keduanya agak berimpitan. Peran dari kambium inilah yang menjadikan kedua pembuluh tersebut terbentuk.

Itulah uraian tentang Fungsi pembuluh xilem dan floem. Begitu kompleks ya Allah menciptakan kebutuhan organ vital untuk mahluknya, khususnya tumbuhan. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Terus berkunjung ke blog pendidikan ini ya!
Rating: 4.5