Mendidik dengan Hati

Gejala paru-paru basah kronis

gejala paru-paru basah kronis–Kesehatan merupakan suatu hal yang mahal sekarang guys. Setelah sebelumnya membahas penyakit gejala paru-paru basah pada anak, pada kesempatan ini pak guru akan membahas gejala paru-paru basah kronis. Apa saja gejalanya? Baiklah, simak uraian berikut!
Gejala paru-paru basah kronis
Tentu kita tahu paru-paru sebagai organ vital dalam pernafasan pun tak kan terbebas dari berbagai macam epnyakit yang mengancam jika tidak dijaga dengan baik. Salah satu gangguan dalam organ pernafasan ini adalah paru-paru basah atau bronkitis. Adapun ciri-ciri penyakit ini adalah yang sering terjadi adalah batuk terus menerus tidak berhenti. Batuk merupakan indikasi adanya infeksi baik ditenggorokan maupun di paru-paru itu sendiri. Apabila hal ini dibiarkan saja tanpa ada usaha perbaikan makan maka penyakit ini bisa bertambah parah dan menjadi kronis. Menurut jangka waktu lamanya penyakit bronkitis akut berlangsung kurang dari 6 mingu dengan rata-rata 10-14 hari, sedangkan bronkitis kronis berlangsung lebih dari 6 minggu. Biasanya keluhan pada bronkitis kronis cenderung lebih berat dan lebih lama, karena terjadi penebalan (hipertrofi) otot-otot polos dan kelenjar dan berbagai perubahan pada saluran pernapasan. Nah apa saja gejala-gejala penyakit paru-paru basah yang sudah kronis?

Berikut gejala-gejalanya:
1.      Sesak napas yang bersifat progresif (makin berat) saat melakukan aktivitas sehari-hari baik ringan maupun berat,
2.      Batuk denagn jumlah banyak dan berdahak berwarna kekuningan (purulen) pada serangan akut (eksaserbasi), jika sudah parah terkadang dapat disertai dengan darah,
3.      Bunyi suara krok-krok pada saat menarik napas (inspirasi) yang menandakan adanya dahak/ lender pada saluran napas,
4.      Adakalanya terdengar suara mengi (ngik-ngik) juga saat bernafas.
Berikut ini merupakan faktor-fakor penyebab terjangkit bronkitis kronis yakni asap rokok, debu  dan asap industry saat polusi udara. Bronkitis kronis dapat dipicu oleh paparan berbagai macam polusi industri dan tambang, diantaranya: batubara, fiber, gas, asap las, semen.

Adapaun untuk pengobatannya tergnatung seberapa parah gejala-gejala yang muncul, kondisi kesehatan secara menyeluruhnya, selain itu juga faktor usia. Untuk penyebab karena bakteri, antibiotic mungkin akan diberikan. Untuk gejala awal yang muncul disarankan banyak beristirahat dan banyak konsumsi air putih. Untuk yang sudah kronis minum antibiotic dari dokter dan istirahat yang cukup. Lebih bagus lagi jika food combiningnya dikencengin!

Adapun upaya pencegahnnya adalah stop dan hindari kebiasaan merokok, berhenti minum beralkohol, menjaga kebersihan dan hindari atau minimalisir dari paparan polusi. Ingat mencegah paru-paru basah adalah jauh lebih baik daripada mengobati. Langkah-langkah keamanan terbaik meliputi mencuci tangan Anda sering, dan mengenakan masker saat membersihkan daerah yang berdebu atau berjamur.
Itulah uraian sekilas tentang gejala paru-paru basah kronis. Semoga berguna. Selalu jaga kesehatan ya! Terimaksih atas kunjungan ke blog ini!
Rating: 4.5