Mendidik dengan Hati

Manfaat jaringan komputer

Manfaat jaringan komputer– Hi,,,, masih di blog penuh ilmu ini. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya internet. Hampir semua orang menggunakan internet untuk mengakses segala sesuatu entah itu berita, sumber ilmu/ pemgetahuan atau bahkan dalam sosial media. Pernahkah kalian bertanya atau berfikir bagaiamana cara kerja internet? Pernahkan kalian mendengar jaringan internet atau jaringan komputer? Untuk apa itu? Apa saja manfaatnya? Nah berikut ini pak guru akan membahas manfaat jaringan komputer yang nantinya digunakan juga dalam dasar pembangunan jaringan internet. Apa saja manfaatnya? Simak baik-baik uraian berikut! Check these out!

Manfaat jaringan komputer


Secara umum jaringan komputer (network) adalah suatu sistem operasi yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan yang dibuat dengan tujuan untuk berkomunikasi (pesan instan dan surel), berbagi sumber daya (CPU atau printer), serta dapat dengan mudah  mengunduh dan mengakses informasi melalui situs web. Dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer, hal ini merupakan percampuran antara teknologi komunikasi dan komputer. Dengan kata lain jaringan komputer merupakan suatu jaringan yang berisi beberapa perangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lain. pembagian jaringan komputer antara lain jaringan tersentralisasi dan jaringan terdistribusi. jaringan tersentralisasi adalah jaringan yang dalam di dalamnya terjadi pemusatan jaringan komputer pada server, sehingga cara kerjanya berbeda baik server maupun klien. Sedangkan jaringan terdistribusi yakni jaringan komputer yang cara kerjanya dilakukan oleh semua perangkat komputer sehingga tidak ada perbedaan antara server dan klien.

Adapun manfaat jaringan komputer  dapat dikelompokkan menurut penggunanya yakni bagi organisasi/ perusahaan dan manfaat jaringan komputer untuk masyarakat. Adapun secara umum manfaatnya adalah:  

1.      Memudahkan dalam berkomunikasi,
2.      Akses informasi lebih cepat,
3.      Berbagi sumber daya dengan mudah dan Reabilitas yang tinggi,
4.      Tidak hanya tergantung pada satu jenis komputer,
5.      Sistem informasi dapat diperluas,
6.      Sistem komputer lebih fleksibel,
7.      Terciptanya aplikasi pendukung yang dapat digunakan di berbagai komputer.

Adapun Manfaat dan Kegunaan Jaringan Komputer Bagi Perusahaan/Organisasi antara lain sebagai berikut:
a.      Arus informasi menjadi cepat, dengan adanya jaringan komputer membuat arus informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan atau menjadi cepat dan tidak dibatasi oleh ruang, waktu dan tempat. Informasi antara divisi atau cabang mengalir melalui jaringan komputer tersebut tanpa perlu karyawan dan staff pindah dari tempat ke tempat yang lain hanya untuk mendapatkan sebuah informasi/ data.
b.      Dapat digunakna untuk berbagi sumber daya, dengan adanya jaringan komputer sumber daya seperti data pada komputer server, perangkat keras seperti printer dan scanner bisa digunakan secara bersama-sama. Manfaat seperti ini sangat terasa apabila di sebuah perusahaan tempat kita bekerja memiliki beberapa ruangan/ lantai/ cabang perusahan dan letaknya berjauhan. Dapat dibayangkan ketika kita masih menggunakan cara konvensional seperti mendatangi satu cabang tersebut hanya untuk mengambil data, pasti akan memakan waktu yang lama. Akan tetapi dengan adanya teknologi jaringan komputer, kita cukup dengan mengakses cabang yang akan kita ambil datanya dengan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama, jadi elbih efektif dan efisien.
c.       Keamanan data lebih terjaga, jaringan komputer lebih menjamin hak akses setiap pengguna dalam organisasi, mislanya pimpinan bisa akses data yang menjadi haknya utnuk dapat diakses dan tidak dapat diakses orang lain.
d.      Lebih efisien dan hemat,  ini jelas karena bisa berbagi data


Adapun  mnafaat jaringan komputer untuk masyarakat umum adalah penggunaan social emdia, email atau forum diskusi.


Nah itulah uraian Manfaat jaringan komputer. Banyak sekali manfaatnya bukan? Tetap berkunjung ke blog ini ya, karena akan selalu mengulas materi yang asyik dan menarik. Semoga berguna ya readers!


Rating: 4.5