Mendidik dengan Hati

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri- Hai,,,  berjumpa kembali dalam blog penuh dengan ilmu  ini. Masih membahas topik seputar Biologi. Setelah kemarin membahas tentang ciri-ciri bakteri dan pengertian bakteri, kemudian bakteri yang menguntungkan dan merugikan mahluk hidup. Maka kali ini pak guru akan membahas lebih mendalam tentang Penyakit yang disebabkan oleh bakteri, tidak hanya pada mansuia tetapi pada hewan dan tumbuhan juga. Oleh karena itu setelah paham penjelasan berikut, semoga kita selalu cinta kebersihan ya! Setidaknya meminimalisir kontak dengan bakteri walaupun kita tahu Allah menciptakan bakteri juga banyak gunanya. Baiklah simak penjelasan berikut! Check these out!

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri


Tentu kalian masih ingat kan ciri dna pengertian bakteri? Iya, Bakteri diambil dari bahasa Latin bacterium yang bentuk jamaknya bacteria merupakan kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel dan bersel satu. Organisme ini termasuk ke dalam kingdom monera dan berukuran sangat kecil (mikroskopik).

Berikut ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri:

a.       Bakteri penyebab penyakit pada hewan:

             Bacillus anthracis, dapat menimbulkan penyakit Antraks
            Actinomyces bovis, menimbulkan penyakit bengkak rahang pada sapi
Streptococcus agalactia, menimbulkan penyakit Mastitis pada sapi (radang payudara)
b.      Bakteri penyebab penyakit pada tumbuhan:
Erwinia amylovora, menimbulkan penyakit bonyok pada buah-buahan.
Xanthomonas oryzae, penyakit ini menyerang pucuk batang padi yang baru tumbuh
Pseudomonas solanacaerum, menimbulkan penyakit layu pada famili terung-terungan
c.       Bakteri penyebab penyakit pada manusia:
Salmonella typhosa, menyebabkan penyakit Tifus
Clostridium tetani, menimbulkan penyakit Tetanus, Tetanus adalah penyakit kekakuan otot (spasme) yg disebabkan oleh eksotoksin (tetanospasmin) dari organism penyebab penyakit tetanus dan bukan oleh organismenya sendiri. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri  yang merupakan bakteri Gram-positif berbentuk batang dengan spora pada sisi ujungnya sehingga mirip dengan pemukul genderang. Bakteri tetanus bersifat obligat anaerob yaitu berbentuk vegetative pada lingkungan tanpa oksigen dan rentan terhadap panas serta disinfektan. Penularannya itu dengan cara Tetanus masuk kedalam tubuh manusia biasanya melalui luka yg dalam dengan suasana anaerob (tanpa oksigen) sebagai akibat dari kecelakaan, luka tusuk, luka oprasi, karies gigi, pemotong tali pusat.
Haemophilus influenza, Influensa merupakan penyakit yag ditimbulkannya.
Mycobacterium leprae, menyebabkan penyakit Lepra
Mycobacterium tuberculosi dan Mycrobacterium bovis, menyebabkan penyakit Tuberkulosi Paru atau TBC adalah penyakit yang di sebabkan Bakteri tersebut mempunyai ukuran 0,5-4 Mikron x 0,3-0,6, micron dengan bentuk tipis, lurus atau agak bengkok, bergranular atau tidak mempunyai selabung, tetapi mempunyai lapisan luar tebal yang terdiri dari lipoid. Penyakit ini di tularkan melaului udara (droplet nuclei) saat seorang pasien TBC batuk dan percikan ludah yang mengandung bakteri tersebut terhirup oleh orang lain saat bernafas bisa menularkan.
Bordetella pertusis (Haemophilus pertusis) menyebabkan penyakit Petrusis adalah penyakit infeksi saluran napas akut yang terutama menyerang anak-anak. Bakteri ini memerlukan media untuk tumbuh seperti media darah-gliserin-kentang (Bordet-Gengou) yang di tambah penisilin untuk menghambat pertumbuhan organism lainnya. Bakteri ini berukuran panjang 0,5-1µm dan diameternya 0,2-0,3µm. Penularan penyakit ini melalui droplet dan sebagian besar bayi tertular oleh saudaranya dan kadang-kadang oleh orangtuanya.
Corynebacterium diphtheria, menyebabkan penyakit Difteria, yakni penyakit yang jarang terjadi, biasayanya menyerang remaja dan orang dewasa. Penularan penyakit ini terjadi melalui droplet saat penderita (karier) batuk,bersin, dan berbicara. Akan tetapi, debu atau muntahan si penderita juga bias menjadi media penularan.
Salmonella typhi, menyebabkan penyakit Demam Tifoid adalah infeksi akut pada saluran pencernaan yang di sebabkan oleh bakteri 
Yersinia pestis (Pasteurella pestis) menyebabkan penyakit PES.
Bacillus anthracis, menyebabkan penyakit antraks. Penyakit antraks adalah penyakit ysng disebabkan oleh  pada bintang ternak dan bibatang buas yang bias di tularkan ke manusia.
Vibrio Cholera, menybabkan penyakit kolera
Diplococcus Pneumoniae, menyebabkan penyakit Pneumonia pada paru-paru
Neissheria Gonorheae menyababkan penaykit Gonorheae pada alat kelamin,
Neisseria Meningitis menyebabkan penyakit meningitis atau radang selaput otak,
Tropenema Pallidum, menyebabkan penyakit sifilis pada alat kelamin,
Shigella Dysentriae, menyebabkan penyakit Disentri


Itulah uraian tentang Penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Begitu kompleks ya Allah menciptakan mahluk hidup. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita selalu menjaga lingkungan sekitar dan tetap emnjaga kesehatan. Terus bernjung ke blog ini ya!
Rating: 4.5