Mendidik dengan Hati

Perbedaan cuaca dan iklim

Perbedaan cuaca dan iklim- Pernahkah rencana kalian batal gegara hujan tiba-tiba turun dengan derasnya? Atau pernhakah kalian melihat salju turun secara langsung? Kenapa kita yang tinggal di Indonesia yang notabene Negara beriklim tropis tidak mengalami musim dingin alias turun salju? Apa sih sebenarnya iklim itu? Apa bedanya dengan cuaca? Nah kali ini pak guru akan  menguraikan perbedaan cuaca dan iklim, pengertiannya dan beberapa contohnya. Simak penjelasan berikut baik-baik ya! Check this out!
Perbedaan cuaca dan iklim
Cuaca (weather) adalah keadaan udara sewaktu-waktu untuk daerah yang lokal atau kecil, dan dapat berubah suatu waktu dalam relatif singkat, misalnya panas atau hujan, berawan, bernagin dan berawan. Adapun unsur-unsur cuaca itu sendiri adalah suhu, curah hujan, radiasi matahari, embun, petir, awan, tekanan udara, kecepatan udara, kelembapan udara yang selalu berubah-ubah, umumnya cuaca bersifat harian perubahnnya. Cuaca sendiri terdiri atas kejadian yang terjadi dalam atmosfer bumi dalam waktu beberapa hari.

Sedangkan iklim (climate) adalah keadaan suatu udara dalam waktu yang jangka lama dan untuk wilayah yang cukup luas, tergantung letak lintangnya dalam permukaan bumi, atau keadaan relief daerah setempat. Unsur iklim (seperti cuaca) biasanya lebih stabil dan sangat dipengaruhi oleh posisi matahari relative terhadap bumi. Suatu wilayah dikatakan memiliki iklim yang berubah jika minimal terjadi perubahan keadaan udara minimal 30 tahun. Contoh dari iklim itu sendiri adalah iklim tropis, subtropis, iklim gurun/ kering, iklim taiga, iklim kutub.

Bagaimana uraian penjelasannya? Mudah dipahami bukan? Itulah penjelasan tentang Perbedaan cuaca dan iklim. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan  yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Rating: 4.5