Mendidik dengan Hati

rumus mean median modus

Rumus mean median modus- Masih dalam blog penuh edukasi dan penuh dengan ilmu ini. Masih membahas ilmu statistika dalam matematika, setelah sebelumnya membahas rumus standar deviasi, maka kali ini pak guru akan membahas mean, median dan modus. Hal ini juga tak kalah penting dalam ilmu statistika? Bagaimana perumusannya? Mari kita lihat pembahasan berikut!
rumus mean median modus
1.      Mean (rata-rata) merupakan penjelasan kelompok data berdasarkan pada nilai rata-rata dari kelompok tersebut. Rata-rata ini didapat dengan cara menjumlahkan data seluruh individu dalam kelompok itu, kemudian dibagi dengan jumlah individu yang ada pada kelompok tersebut.
Dirumuskan: misal 4, 5, 8, 9, 9 maka nilai mean= (4+5+8+9+9)/5= 7
2.      Median/ Nilai Tengah ( Me ) merupakan nilai yang letaknya di tengah dari data yang telah diurutkan dari nilai terkecil sampai terbesar. Jika banyak data ganjil maka Me adalah data yang terletak tepat yang ditengah setelah diurutkan · Jika banyak data genap maka Me adalah rata-rata dari dua data yang terletak di tengah setelah diurutkan.
Dirumuskan:
-Jika jumlah data adalah ganjil,  maka nilai mediannya adapat ditentukan dengan rumus : Index Median = ((n-1)/2+1, n=jumlah data
 Median=datake- (Index Median)
– Jika jumlah data genap,  maka median dapat ditentukan dengan rumus :
 I= n/2   Median= (datake-(I) + data ke-(I+1))/2

3.      Modus (Mo) merupakan data yang paling sering muncul atau yang memiliki frekuensi terbanyak. Unruk modus Data Tunggal dapat dirumuskan:
Contohnya sekumpulan data : 2, 3, 4, 4, 5, 5, 5, 6, 7
Maka modusnya adalah 5 muncul 3 kali.

Sekumpulan data : 2, 3, 3, 4, 4, 5, 5, 5, 6, 9
Maka modusnya adalah 5 yang muncul 3 kali.

Sekumpulan data : 2, 3, 5, 6, 7
Maka modusnya tidak ada.

Mudah sekali bukan? Itulah rumus mean median. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Matematika lainnya yang lebih menarik dan tentunya menantang. See you guys!
Rating: 4.5