Mendidik dengan Hati

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Pak guru akan menjelaskan materi bagian-bagian mata dan fungsinya. Mata merupakan indra penglihatan. Tanpa mata kita tidak bisa melihat. Kita bersyukur kepada Allah bahwa kita masih diberikan kesehatan berupa penglihatan. Kamu sedang membaca materi ini bukan? Pada saat kamu berada di ruangan gelap tanpa cahaya apakah kamu bisa melihat? Tidak dapat. Mengapa demikian? Sebenarnya kita bisa melihat karena adanya cahaya yang masuk ke dalam mata kita.
Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya
Cahaya tersebut akan diteruskan ke dalam mata melalui lensa kemudian bayangan dari benda akan diterima oleh retina. Jadi bayangan yang terbentuk pada mata adalah nyata (karena dapat ditangkan oleh layar/ retina), tegak, dan terbalik (kanan menjadi kiri, kiri menjadi kanan). Berikut ini bapak guru akan menjelaskan bagian-bagian mata beserta fungsi atau manfaatnya masing-masing. Simak dengan baik!
1. Bagian Dalam Mata
a. Sklera berfungsi sebagai pelindung bola mata, yaitu yang membungkus bola mata. Sklera berwarna putih buram.
b. Kornea berfungsi sebagai meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata dan sebagai pelindung lensa pada mata. Kornea berwarna bening. Terletak di bawah sklera.
c. Koroid berfungsi sebagai penyuplai O2 atau oksigen dab beberapa nutrisi seperti vitamin untuk retina. Koroid berwarna hitam. Bagian koroid terdapat iris. Kemudian pada bagian iris terdapat pupil.
d. Retina berfungsi sebagai penangkap bayangan yang masuk ke mata. Dalam hal ini retina berperan sebagai layar seperti yang pak guru sudah jelaskan di atas. Sel-sel pada retina sangat peka terhadap cahaya yang jatuh pada retina.
Retina memiliki 2 sel syaraf yaitu:
-sel batang yang berfungsi sebagai untuk melihat pada malam hari atau gelap. Sel batang peka terhadap cahaya yang sedikit.
-sel kerucut berfungsi sebagai untuk melihat pada siang hari karena sel kerucut hanya peka pada cahaya yang kuat.
e. Titik buta terletak pada belakang retina. Jika bayangan jatuh pada bagian ini, maka seseorang tidak dapat melihat.
f. Iris berfungsi sebagai pemberi warna pada bola mata. Kalau orang Indonesia warna matanya coklat dan hitam, sedangkan orang luar negeri ada yang berwarna biru. Pergerakan pupil juga diatur oleh iris sesuai dengan besar kecilnya intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata.
g. Pupil berfungsi sebagai pengatur dari intensitas (besar kecilnya) cahaya yang menuju ke mata. Jika cahaya yang masuk ke dalam mata sedikit, maka pupil akan melebar. Sebaliknya jika cahaya yang masuk ke dalam mata banyak, maka pupil akan menyempit.
h. Lensa mata berfungsi sebagai memfokuskan dan mengumpulkan cahaya supaya bayangan jatuh pada retina. Lensa mata dapat mencembung dan memipih. Pada saat melihat benda yang dekat, lensa mata akan mencembung (disebut daya akomodasi maksimum). Sedangkan pada saat melihat benda yang jauh, lensa mata akan memipih (disebut daya akomodasi minimum).
i. Kelenjar air mata berfungsi sebagai pembasah kornea karena menghasilkan air mata. Air mata dapat membunuh kuman atau bakteri yang masuk ke dalam mata. Air mata juga menjaga mata dari iritasi. Oleh karena itu selalu mengedipkan mata, jangan tidak mengedipkan mata saat melihat sesuatu yang heboh. Nanti mata kita bisa menjadi kering.
j. Saraf optik berfungsi sebagai memberikan rangsangan yang akan diteruskan ke otak. Misalnya pada saat mengendarai sepeda motor, di depan ada jalan berlubang. Maka kita akan menghindari lubang tersebut.
k. Titik buta berfungsi sebagai membelokkan atau meneruskan berkas saraf yang menuju pada otak. hati-hati jika kepala kita terbentur. Jika saraf mata mengalami gangguan maka dapat menyebabkan kebutaan.
Demikianlah pembahasan bagian-bagian mata dan fungsinya. Semoga kita selalu mensyukuri atas nikmat penglihatan kita. Mari kita gunakan mata kita ini untuk hal-hal yang bermanfaat J
Rating: 4.5