Mendidik dengan Hati

Cara membuat magnet secara gosokkan, induksi, dan elektromagnetik

Cara membuat magnet ada tiga macam yaitu dengan ara menggosok, induksi (mendekatkan), dan mengaliri arus (elektromagnetik). Magnet merupakan benda yang dapat menarik logam seperti besi dan baja. Magnet hanya memiliki dua kutub yaitu kutub selatan (south) dan kutub utara (north). Besi akan tarik menarik jika kutub yang berdekatan berlawanan arah. Misalnya, kutub selatan magnet didekatkan dengan kutub utara magnet.
Cara membuat magnet secara gosokkan, induksi, dan elektromagnetik
secara induksi, A = kutub utara, B = kutub selatan
Besi akan tolak menolak jika kutubnya searah. Misalnya, jika kutub utara magnet didekatkan kutub utara magnet lain akan tolak-menolak. Daerah yang masih dipengaruhi oleh magnet disebut dengan medan magnet. Berikut penjelasan cara membuat magnet yang pak guru sajikan dari sumber buku pelajaran fisika:
1. dengan CARA MENGGOSOK.

Cara membuat magnet secara gosokkan, induksi, dan elektromagnetikJika kita memiliki besi atau baja yang akan kita jadikan magnet sangat mudah sekali. Caranya adalah kita menyediakan magnet kemudian kita menggosok-gosokan logam besi/ baja SECARA SEARAH. Jika dilakukan tidak searah, maka magnet tidak jadi. Kita gosokan secara searah dan teratur. Setelah beberapa saat, logam besi/ baja sudah dapat menarik logam besi lain seperti jarum dan sebagainya. Pada ujung besi/ baja yang kita gosokkan akan memiliki KUTUB YANG BERLAWANAN dengan besi yang kita gosokkan. Misalnya jika kita menggosokkan besi pada kutub SELATAN magnet. Maka ujung besi yang kita gosokkan menjadi kutub UTARA MAGNET. Begitu juga dengan sebaliknya jika kita menggosokkan pada magnet yang BERKUTUB UTARA, maka ujung besi yang kita gosokkan menjadi KUTUB SELATAN. Paham?

2. cara membuat magnet SECARA INDUKSI.
Secara induksi adalah mendekatkan logam besi/ baja dengan magnet dalam waktu beberapa lama. Cara ini cenderung lebih lama dibandingkan dengan cara menggosokkan. Caranya adalah kita mendekatkan ujung besi/ baja dengan ujung magnet. Besi atau baja akan menjadi magnet. Jika ujung besi/ baja kita dekatkan pada KUTUB UTARA MAGNET, maka ujung besi/ baja akan menjadi KUTUB SELATAN. Sebaliknya jika kita dekatkan ujung besi/ baja dengan KUTUB SELATAN MAGNET, maka akan menjadi KUTUB UTARA. Cara memahaminya adalah berwalawan.
Cara membuat magnet secara gosokkan, induksi, dan elektromagnetik
elektromagnet

3. cara membuat magnet dengan elektromagnet.
Cara elektromagnetik atau mengaliri arus listrik adalah batang besi atau baja kita aliri arus listrik. Besi dililiti dengan kawat. Kawat tersebut telah dihubungkan dengan batrai. Logam besi akan menjadi magnet yang sementara. Cara elektromagnetik sering keluar dalam ujian nasional SMP maupun SMA. Jika logam yang dililiti kawat adalah BAJA, maka sifatnya adalah PERMANEN. Jika logam yang dililiti BESI, maka sifatnya SEMENTARA.
Rating: 4.5