Mendidik dengan Hati

Ciri ciri jaringan meristem dan jaringan dewasa

Ciri ciri jaringan meristem dan jaringan dewasa. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan fungsi jaringan meristem disini. Mengapa pada tumbuhan dikotil dapat tumbuh besar? Karena tumbuhan dikotil memiliki jaringan meristem sehingga batangnya bisa membesar karena mengandung kambium. 
Ciri ciri jaringan meristem dan jaringan dewasa

Ciri-ciri jaringan meristem adalah
1. memiliki dinding yang tipis

2. Banyak mengandung protoplasma

3. memiliki vakuola yang kecil

4. memiliki inti yang besar

5. bentuk selnya seperti kubus

Di dalam tubuh tumbuhan terdapat jutaan sel yang menyusunnya. Kemudian dari sekumpulan sel tersebut membentuk yang namanya jaringan. Jaringan yang menyusun tubuh tumbuhan dibagi menjadi dua yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Ciri-ciri jaringan meristem sudah saya jelaskan di atas. Ciri-ciri jaringan dewasa adalah:

1. terbentuk dari jaringan meristem

2. jaringan dewasa tidak mengalami pertumbuhan

3. tidak mengalami pembelahan

4. jaringan dewasa dibagi menjadi empat yaitu xilem, floem, epidermis, dan gabus parenkima.

 Jaringan pengangkut

Di dalam tubuh tumbuhan terdapat dua jaringan pengankut yaitu xilem dan floem. Kedua jaringan tersebut berperan utama dalam proses fotosintesis. Xilem berfungsi sebagai mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun sebagai bahan utama dalam proses fotosintesis. Di dalam proses pengangkutan juga terjadi proses fisika. Karena peristiwa naiknya air dan mineral yang diserap akan disebut peristiwa kapilaritas. Fungsi floem adalah mengedarkan hasil fotosintesis berupa sari-sari makanan dan energi dari akar untuk dibagikan ke seluruh tubuh tumbuhan.

Sumber: buku elektronik biologi SMA
Rating: 4.5