Mendidik dengan Hati

Fungsi otak kanan dan kiri pada manusia

Fungsi otak kanan dan kiri pada manusiaKecerdasan seseorang merupkan anugerah dari Allah SWT yang perlu kita syukuri karuniaNya dengan cara merawat kesehatan dan menggunkan sebaik-baiknya dalam berfikir dan bertindak. Otak merupakan organ penting pada mahluk hidup khususnya manusia sebagai pusat koordinasi. Otak manusia terdiri atas otak kanan dan otak kiri yang maisng-maisng bertanggung jawab atas kecerdasannya masing-masing. Apa saja fungsi otak kiri dan kanan pada manusia? Inilah pembahasannya, semoga bermanfaat!
fungsi otak kanan dan kiri pada manusia

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, otak (brain) merupakan organ penting yang berada di dalam rangka atau tulang tengkorak, dna letaknya simetris terbagi emnajdi dua belahan yakni kiri dan kanan. Karena merupakan organ vital dan sentral, maka gangguan pada organ ini akan mempengaruhi aktivitas manusia.
Fungsi otak yang lain yakni sebagai pusat daya ingat, kecerdasan kognitif, pusat pengatur perasaan afeksi emosi, dan daya pikir kreativitas. Struktur otak manusia pada umunya secara biologi sama, yang membedakan dengan individu lain adalah kualitas otak. Nah otak kiri dan otak kanan mempunyai fungsi dan cara kerja yang jelas berbeda.

Roger Sperry (1960) merupakan pelopor yang membagi dan membedakan dalam teorinya tentang fungsi otak kiri dna otak kanan. Beliau mengungkapkan jika salah satu otak sedang bekerja maka otak yang lain cenderung lebih rileks dan tenang. Menurutnya juga fungsi ekdua otak inilah yang akan membentuk keprinadian, karakter, sifat dan kecerdasan yang berbeda tiap individu. Bagian otak yang bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan intelektual (berfikir, penalaran, membayangkan, merancang, memgingat) adalah otak besar.

Nah otak besar inilah yang terbagi menjadi dua belahan kanan dan kiri atau lebih dikenal dengan otak kanan dan otak kiri yang fungsinya jelas berbeda. Pusat kecerdasan intelegent atau (IQ)  yang meliputi berfikir secara rasional, penalaran, logika, menulis dan membaca, berhitung matematika merupakan fungsi otak kiri. Untuk kecerdasan Emotional Quotient (EQ) yang meliputi pengendlaian emosi, perasaan, afeksi, interaksi dengan sesama dalam bersosialisasi, komunikasi, kemampuan intuitif, merasakan, mengekpresikan diri dalam music atau seni merupakan fungsi dari otak kanan.

Berikut ini uraian lebih lanjut mengenai fungsi otak kiri dan kanan.
Otak kiri
Otak kiri merupakan otak yang secara anatomi terletak pada belahan kiri yang berfungsi dan bertanggung jawab dalam kecerdasan Intelegensi (intelligence quotient (IQ)), berpikir secara sistematis terstruktur, berpikir secara nalar, rasio dna logika, kemampuan bahasa secara verbal, berpikir analitik sesuai dengan prosedur dan juga semua aktivitasnya berupa short term memory (memory jangka pendek)oleh karena itu fungsi matematika, berbicara dan bahasa akan terganggun jika otak kiri bermasalah.
Otak kanan
Otak kanan merupakan otak yang secara antomi terletak di sebelah kanan yang bertanggung jawab dalam hal kecerdasan emosi (emotional quotient (EQ)), kemmapuan intuitif seni kreativitas, kemampuan berkomunikasi dengan sesame/ sosialisasi, mengendalikan semosi, dna juga pusta keerdasan daya imajinatif dan kreativitas, kemampuan berfikir yang tidak begitu terstruktur, berupa long term memory (memory jangka panjang).  Kemampuan visual dan emosi kana terganggun jika otak kanan bermasalah.
Lalu otak bagian mana yang baik? Nah sebenarnya kedua fungsi otak merupakan satu kesatuan fungsi sehingga keduanya baik, apalagi bisa dilakukan dengan seimbang karena fungsi maisng-maisng tiap belahan otak sangat penting demi kelangsungan hidup manusia. Menurut penelitian manusia cenderung lebih banyak yang mengandalkan otak kiri dalam menjalani hidupnya. Tidak heran karena dalam sekolah formal dari tingkat dasar dan kuliah lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri. Untuk menyeimbangkannya bias dilakukan dengan cara ini ‘melatih otak kanan dan kiri agar seimbang’.

Demikian penjelasan mengenai Fungsi otak kanan dan kiri pada manusia. Semoga bermafaat dan selalu jaga kehatan otak kita! Terimaksih atas kunjungan ke blog ini! 
Rating: 4.5