Mendidik dengan Hati

Kanker getah bening dan gejalanya

Kanker getah bening dan gejalanya- Kesehatan, itulah kata-kata yang paling sangat diinginkan jaman sekarang. Siapapun baik muda dan tua pasti menginginkan kesehatan secara fisik dan psikologis. Akan tetapi ada kalanya karena pengaruh pola hidup modern yang jauh dari kesan alami karena kesibukan sehingga menuntut apa-apa serba praktis dan cepat, maka beredarlah makanan cepat saji dan kemasan yang dapat bertahan beberapa hari bahkan beberapa bulan. Sungguh ini diluar hukum alam. Siapapun yang melawan hukum alam pasti akan berdampak buruk bagi tubuh. Maka tidak heran kalau belakangan ini bermunculan penyakit-penyakit degeneratif akibat akumulasi pola hidup jelek pada tubuh.
Kanker getah bening dan gejalanya
Salah satu penyakit yang menakutkan sekarang ini adalah penyakit kanker getah bening. Penyakit ini menyerang sistem peredaran limfa/ getah bening yang biasanya terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening pada tubuh.

Jika terjadi pembengkakan pada bagian tubuh manapun pastilah menandakan ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Begitu pula jika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, pastilah ada yang tidak beres dengan sistem limfatik di dalam tubuh. Indikasi adanya kanker getah bening memang terjadi pembengkakan pada mulanya, Pada mulanya mungkin hanya merasakan dan melihat secara sekilas. Saat mula-mula pembengkakan terjadi, yang dirasakan biasanya menyakitkan tetapi lembut. Untuk ukuran benjolan kelenjar getah beningnya bervariasi pada mula-mula, biasanya seukuran kacang tanah atau lebih besar lagi.

Gejala-gejala yang muncul biasanya tergantung apa yang menyebabkan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan pada tubuh penderita. adapun gejala-gejala lain yang sering muncul jika kanker getah bening mulai menyebar adalah penderita akan mengalami gangguan sakit tenggorokan yang cukup sakit, biasanya sering disertai pilek dan untuk beberapa kasus akan disertai saluran pernafasan yang terinfeksi, dan yang paling mudah dikenali jika di dalam tubuh ada sesuatu yang tidak beres adalah terjadinya demam.


Di dalam tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening dapat dijadikan tanda bahwa telah terjadi infeksi, contohnya seperti terganggunya sistem imun/ kekebalan tubuh, gejala yang mirip dengan penderita HIV, bahkan muncul gejala seperti rheumatoid arthritis atau lebih dikenal dengan penyakit lupus (autoimmune). Gejala lainnya yakni sering berkeringat di malam hari tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat. Kelenjar akan terus membesar dalam rentang waktu dua sampai empat minggu, jika diraba akan terasa kenyal, agak keras dan nyeri yang amat sangat saat ditekan. Kesulitan dalam bernafas dan menelan.

Tanda lain penyakit kanker getah bening adalah pembengkakan pada tungkai kaki, hal ini bisa menyebabkan peredaran getah bening terhambat karena tersumbat pembengkakan tadi. Jika ini dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya pengembalian kesehatan tubuh, jelas bisa menganggu kesehatan dan bisa berakibat fatal. Jika pembengkakan terus terjadi dan perkembangannya cukup pesat dan cepat, terjadi penerasan jaringan atau kelenjar, maka diindikasikan sebagai tumor yang tumbuh di dalam kelenjar getah bening.

Terus bagaimana upaya penyembuhannya? Apakah dengan konsumsi obat herbal tertentu atau malah dilakukan kemoterapi yang sering dilakukan dalam tindakan medis kebanyakan? Sebenarnya penyebab segala penyakit kanker yang menyerang pada tubuh telah diketahui sudah sangat lama, apalagi kalau bukan akumulasi pola makan dan gaya hidup yang kacau. Pembengakakan kelenjar getah bening bisa kembali normal dengan mulai hidup sehat atau yang lebih tepatnya dengan food combining dan raw food. Ada baiknya juga tetap berkonsultasi dengan dokter yang akan memberikan pengarahan atau diberi obat pereda rasa nyeri, tapi ingat konsumsi obat yang berlebihan jelas membebani ginjal dan hati, jadi jangan asal minum obat.

Demikianlah uraian Kanker getah bening dan gejalanya. Semoga dengan begitu menambah pengetahuan kita untuk tetap menjaga kesehatan!
Rating: 4.5