Mendidik dengan Hati

Kelenjar getah bening di leher bengkak

Kelenjar getah bening di leher bengkakTahukah kalian di dalam tubuh selain selain ada sistem peredarah, ada juga sistem peredaran yang lain, yak,,, apalagi kalau bukan sistem peredaran sistem limfatik atau sistem getah bening. Getah bening berfungsi dalam sistem kekebalan atau sistem imun pada manusia. Sistem peredaran ini juga ada kalanya terjadi gangguan seperti sistem peredaran darah pada manusia. Salah satunya terjadinya pembengkakan di leher, yang merupakan tanda adanya gangguan pada peredaran getah bening/ limfatik. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa sebenarnya penyebabnya? Apakah penyakit ini sangat berbahaya? Berikut ini uraian penjelasannya!
Kelenjar getah bening di leher bengkak

Getah bening adalah cairan yang terdiri dan mengandung bahan kimia, racun, virus, bakteri dan limfosit dalam rangka perjalanan kembali dari jaringan tubuh yang beredar melewati saluran limfatik. Saluran limfatik adalah suatu sistem yang bermanfaat mengedarkan limfa/ getah bening di dlaam tubuh. Limfa merupakan bagian dari plasma darah yang berupa cairan yang merembes atau keluar dari sistem peredaran darah kardiovaskular menuju jaringan tubuh di sekitarnya yang tentunya melalui sistem peredaran limfatik, meuju kelenjar limfa kemudian dikembalikan lagi menuju sistem peredaran darah dengan membawa racun, sisa metabolism seperti yang diuraikan di atas.

Apa perlunya sih sistem peredaran getah bening ini? Apa manfaatnya bagi tubuh? Segala ciptaan Allah SWT itu jelas tidak ada yang tidak berguna. Apalgi dengan sistem kelnejar getah bening ini, antara lain memiliki kegunaan yakni: dapat menciptakan zat antibodi, mengangkut sisa metabolisme berupa protein, limfosit yang sudah rusak dan cairan lain dari jaringan tubuh yang nantinya akan dilairkan kembali melalui peredaran darah, dapat membawa lemak dan mengemulsi usus, dan yang paling vital adalah menghancurkan dan memfilter mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh.
Adapun bagian-bagian pembuluh limfa dalam tubuh terletak pada:
1. Pembuluh limfa dada (Duktus toraksikus) yang terletak di selangka kiri bagian bawahnya. Pembuluh lemak dari usus bermuara di sini. Dimulai dari seluruh tubuh kemudian berakhir di pembuluh balik peredaran pembuluh limfa ini. Nah kelenjar limfa terletak pada tempat-tempat pertemuan pembuluh limfa yakni pada leher, ketiak, amandel, adenoid, paha. Yang terpenting, kelenjar ini juga menghasilkan zat antibodi yakni berupa limfosit yang berfungsi dalam membasmi kuman pembawa penyakit.
2. Pembuluh limfa kanan (Duktus limfatikus dekster) yang terletak pada tulang selangka kanan bagian bawahnya. Merupakan tempat berkumpulnya cairan limfa yang berasal dari dada, leher, kepala, jantung, paru-paru, dan lengan kanan.

Karena sesuatu hal terkena virus atau kanker, kelenjar getah bening bisa mengalami pembengkakan dna infeksi. Biasanya yang sering terjadi adalah di leher. Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu penyakit yang muncul akibat pola hidup yang berantakan. Terjadi secara akumulasi. Maish ingatkah bagaimana sel kanker muncul?

Sel kanker ini muncul akibat PH darah tubuh terlalu asam sehingga memudahkan sel kanker membelah secara tak terkendali dan menganggu harmoni tubuh. Sel kanker akan muncul tidak dalam hitungan hari tapi biasanya akumulasi pola makan salah kaprah yang cukup lama. Akumulasi pola makan yang salah/ kacau merupakan agen atau penyebab utama sel kanker muncul. Nah jika sudah tahu kuncinya, maka pencegahan atau mebgobati bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sumber makanan yang menggeser kembali ke PH basa tubuh yakni buah segar, sayuran segar dan air putih dengan menerapkan pola makan Food combining atau raw food yang konsisten. Sel kanker bersorak gembira jika tubuh diberi asupan karbohidrat, susu, kopi, teh, gula, (semua olahan yang mengandung gula), olahan-olahan yang prosesnya dengan penggorengan karena bahan makanan itulah yang menyebabkan PH darah tubuh cenderung bergerak ke asam (kurang dari 7).

Untuk pengobatannya tidak bisa dilakukan dengan pembedahan tetapi biasanya dengan kemoterapi. Akan tetapi tanpa diimbangi dengan pola makan yang benar, maka menurut pendapat saya ini merupakan perbuatan sia-sia sel kanker akan terus tumbuh berkembang mencari tempat yang tepat sesuai dengan keadaan yang dibutuhkan yakni kondisi PH darah yang asam. Apalagi sekarang banyak produk berembel-embel sehat dan herbal, percayalah makanan yang telah disiapkan oleh Allah pastu lebih baik daripada bikinan manusia alias pabrik.

Itulah uraian sekilas tentang Kelenjar getah bening di leher bengkak.  Selalu jaga kesehatan ya. Terimaksih atas kunjungan ke blog penuh ilmu ini. See you!
Rating: 4.5