Mendidik dengan Hati

Proses terjadinya hujan dan tanda-tanda akan hujan

Proses terjadinya hujan menurut pak guru yang diperoleh di bangku kuliah adalah karena sinar matahari yang jatuh ke bumi akan menyebaban air yang ada di danau, sungai, kolam renang, dan laut mengalami penguapan. Sudah kita ketahui bahwa sifat air akan menguap jika terkena panas matahari. Istilah asing penguapan adalah evaporation. Apakah hanya air yang ada di kolam, danau, dan laut yang menguap? Tidak.
Proses terjadinya hujan dan tanda-tanda akan hujan
Ternyata keringat yang kita keluarkan juga akan menguap. Air yang dikandung tumbuhan juga akan menguap. Air yang menguap akan berkumpul di awan bersama dengan uap air yang lainnya. Istilahnya membentuk kelompok atau mengumpul menjadi satu.
Akibat suhu udara yang tinggi karena sinar matahari, uap air yang sudah terkumpul akan mengalami pemadatan. Peristiwa ini disebut dengan kondensasi. Titi-titik air akan membentuk embun seiring dengan suhu yang tinggi dan akan membentuk awan. Ukuran tetes air yang mengumpul di awan biasanya berukuran 5-20 cm. Setelah tetes air tersebut 1 mm akan jatuh ke bumi menjadi hujan. Diameter titik air yang jatuh tidak mesti berukuran 1 mm. Akan tetapi jika berat atau volume titik-titik hujan menjadi besar dan karena pengaruh gaya tarik/ gravitasi bumi, maka akan jatuh dan itulah yang disebut dengan hujan.
Mengapa hujan bisa berpindah atau bergerak? Angin lah yang menyebabkan demikian. Angin yang bertiup di atas akan mendorong awan yang berisi hujan dan juga akibat gesekan awan akan menyebabkan petir.
Mengapa awan yang gelap atau kelabu tanda akan hujan? Karena awan yang sudah banyak mengandung titik air bertemu dengan awan yang lainnya dengan bantuan angin dan membentuk awan baru yang besar sehingga titik-titik air tersebut menjadi banyak. Dari permukaan bumi akan akan kelihatan gelap atau kelabu.

Jadi pengertian hujan adalah titik-titik air karena penguapan kemudian mengalami kondensasi yang jatuh ke permukaan bumi karena pengaruh volume dan gaya gravitasi bumi. Demikian seputar proses terjadinya hujan yang dapat saya sampaikan.
Rating: 4.5