Mendidik dengan Hati

Rumus volume dan luas permukaan kerucut

Rumus volume kerucut dan luas permukaan kerucut. Kerucut merupakan suatu limas yang memiliki alasnya adalah lingkaran. Kerucut mempunyai dua sisi yaitu satu sisi yang menyelimuti dan satu sisi lainnya adalah alasnya yang berbentuk lingkaran. Kerucut memiliki satu rusuk.
Rumus volume dan luas permukaan kerucut
garis AB adalah jari-jari kerucut
Garis S adalah garis pelukis
Garis AC adalah tinggi kerucut
Dimana kita bisa menemukan benda yang berbentuk kerucut? Masih ingatkah kalian saat masih Taman kanak-kanak memakai topi yang bentuknya kerucut? Dulu mungkin kita menyebutnya sebuah topi saja. Ternyata itu namanya topi kerucut. Bentuk benda lainnya yang menyerupai kerucut adalah es krim merek conel*,
Rumus volume kerucut:
V = 1/3 π r2  
Luas permukaan kerucut adalah luas lingkaran + luas selimut kerucut.
L = π r2   + π r s
Atau    L = π r (r + s)
Nilai dari phi (π) adalah 3,14 atau 22/7
D = 2 x r
Satuan volume yang biasa digunakan adalah meter kubik (cm3) atau centimeter kubik (cm3), sedangkan satuan luas permukaan kerucut adalah meter persegi (m2) atau centimeter persegi (cm2),
Contoh soal:
1. Budi membuat topi kerucut dari kertas koran. Diameter lingkaran kerucut 14 cm. Tinggi kerucut 20 cm. Berapakah volume dan luas permukaan kerucut topi milik Budi?
Jawab:
D = 14 cm; r = 7 cm; t = 20 cm
V = 1/3 π r2  
V = 1/3 x 22/7 x 72
V = 51,33 cm3
L = π r (r + s)
L = 22/7 x 7 (7 + 20)
L = 594 cm2
Jadi, volume kerucut adalah 51,33 cm3 dan luas permukaan kerucut adalah 594 cm2
Apa manfaat kalian mempelajari kerucut? Kerucut merupakan suatu bangun tiga dimensi yang mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan kalian mempelajarinya adalah pengetahuan matematika kalian bertambah, analisis dan cara berhitung matematika semakin mendalam.
Rating: 4.5