Mendidik dengan Hati

Batas waktu sholat dhuha menurut sunnah

Menurut pendapat pada ulama, batas waktu sholat dhuha adalah 15 menit sebelum waktu sholat dhuhur. Adapun batas awal waktu sholat dhuha adalah 15 menit setelah matahari terbit.
Batas waktu sholat dhuha menurut sunnah
matahari terbit
Ada waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat dhuha adalah pada waktu matahari sudah panas atau sudah dekat dengan waktu sholat dhuhur.
Jadi Anda boleh mengerjakan sholat dhuha pada saat jam istirahat kantor seperti jam 9 atau jam 10 atau jam 11. Untuk waktu yang utama sholat dhuha berdasarkan hadist rosululloh shallallahu ’alaihi wa sallam,
صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
”Shalat para Awwabin adalah ketika anak onta mulai kepanasan.” (HR. Muslim 748).
Imam Nawawi yang menganut madzab Safi’iyah berpendapat bahwa waktu yang paling baik untuh sholat dhuha pada saat matahari sudah mulai panas. Kemudian waktu dhuha dimulai setelah matahari sudah terbit dan berakhir sampai menjelang matahari tergelincir (akan masuk waktu dhuhur).
Bacaan yang dibaca pada waktu sholat dhuha.
Bacaan untuk sholat dhuha bisa diambil dari surat apa saja atau tidak ada batasan yang menentukan. Yang penting membaca surat Al Fatihah kemudian diikuti surat lain merupakan sunnah. Menurut As Syaikh Ibn Baz rahimahullah, jika setelah membaca surat Al Fatihah kemudian membaca Al Insyiroh, Ad Duha, Al Lail, As Syamsi dan surat yang lainnya, itu merupakan hal yang baik. Sumber; http://www.konsultasisyariah.com/surat-yang-dibaca-ketika-shalat-dhuha/

1. Merupakan wasiat dari Nabi.
2. Dengan dua rokaat sholat dhuha dapat mencukupi sedekat sebanyak ruas tulang kita. diriwayatkan oleh Abu Dzar radhiallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, Setiap tasbih adalah sedekah, Setiap tahmid adalah sedekah, Setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)
3. Sholatnya bagi orang yang bertaubat adalah sholat dhuha.
Batasan rokaat untuk sholat dhuha masing-masing ulama mengatakan dua rokaat (diambil dari keutamaan dari sholat dhuha), ada yang 8 rokaat, 12 rokaat, dan tidak ada batasan untuk rokaat sholat dhuha.

Demikian penjelasan batas waktu sholat dhuha menurut sunnah yang kami ambil semua isi artikel ini dari http://www.konsultasisyariah.com/waktu-sholat-dhuha/ 
Rating: 4.5