Mendidik dengan Hati

Batas waktu sholat subuh dan keutamaan sholat sunnah sebelum subuh

Kapan batas waktu sholat subuh yang benar? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya akan mengajak Anda terlebih dahulu untuk mengetahui fakta tentang sholat subuh. Di dalam Al-Qur'anul karim, para nabi dan rosul sebelum Rosululloh Muhammad SAW sudah diperintahkan untuk melaksanakan sholat yang. Perintah sholat selalu diikuti dengan zakat. 
batas waktu sholat subuh
RENUNGAN UNTUK KITA
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
Sesungguhnya shalat itu merupakan kewajiban yang ditetapkan waktunya bagi kaum mukminin.” (An-Nisa`: 103)
Istilah lain dari sholat subuh adalah shola fajar. Rosululloh menganjurkan kita untuk mengerjakan sholat subuh di awal waktu. Jadi jangan sampai kita bangun kesiangan yah.
Batas waktu sholat subuh:
وَوَقْتُ صَلَاةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ الْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعْ الشَّمْسُ فَإِذَا طَلَعَتْ الشَّمْسُ فَأَمْسِكْ عَنْ الصَّلَاةِ فَإِنَّهَا تَطْلُعُ بَيْنَ قَرْنَيْ شَيْطَانٍ
"Dan waktu shalat Shubuh adalah dari terbitnya fajar sampai sebelum terbit matahari. Maka apabila matahari sudah terbit, berhentilah dari shalat karena matahari itu terbit di antara dua tanduk syaithan." (HR. Muslim)
Jadi batas waktu sholat subuh yang benar adalah ditandainya dengan terbitnya matahari.
Bagi laki-laki sangat ditekankan untuk melaksanakan sholat lima waktu di masjid. Ada pertanyaan bagaimana jika kita telat sholat subuh?
Kondisi bangun siang pada seseorang kadang tidak bisa dihindari. Aktivitas yang padat seperti lemburan dapat mengakibatkan seseorang sholat subuhnya telat seperti sholat subuhnya jam 5 atau jam 5.30.
Jika memang kita benar-benar tidak sengaja bangun paginya telat, maka tidak mengapa kita mengerjakan sholat subuhnya pada waktu itu juga.
Kita berdoa memohon kepada Alloh SWT agar kita kita semakin taat dengan melaksanakan perintahNya dan memohon agar kita dijauhkan dari sifat kelalaian. Kita harus sekuat tenaga untuk bangun pagi apapun kondisinya. Kita bisa mensetting alaram untuk bisa bangun.
Adapun keutamaan sholat sunnah sebelum sholat subuh sebagai berikut:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725)
Diriwayat lain:
لَهُمَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا
Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).
Bacaan sholat sunnah sebelum subuh adalah sural ak kafirun dan surat al ikhlas sebagaimana dalam hadist:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَرَأَ فِى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ) وَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ)
Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika shalat sunnah qobliyah shubuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (HR. Muslim no. 726)
Setelah kita mengetahui pahala sholat sunnah sebelum subuh yang sangat luar biasa itu. Lantas bagaimana dengan pahala sholat subuh yang wajit itu? Sudah jelas pahalanya lebih dari pahala sholat sunnahnya.
Demikian pembahasan batas waktu sholat subuh, keutamaan sholat sunnah sebelum subuh dan keutamaan dari sholat subuh itu sendiri.

Sumber artikel: http://rumaysho.com/shalat/bagaimana-jika-telat-shalat-shubuh-487.html
Rating: 4.5