Mendidik dengan Hati

Macam macam gaya fisika

Apa saja macam-macam gaya fisika atau jenis-jenis gaya ditinjau dari fisika? Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melakukan gaya. Pengertian gaya adalah dorongan atau tarikan yang dikerjakan pada benda. Saat kamu melihat seseorang menarik gerobak atau mendorong gerobak siomay merupakan aktivitas melakukan gaya.
Macam macam gaya fisika
mendorong gerobak termasuk gaya sentuh tipe gaya otot
Gaya pada fisika dibagi menjadi dua macam yaitu gaya sentuh dan gaya tidak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang dikerjakan pada benda secara langsung. Artinya kita mengerjakan gaya melalui sentuhan. Contohnya kita menarik atau mendorong kursi. Kita secara langsung menyentuh kursi tersebut.
Gaya tidak sentuh adalah gaya yang tidak secara langsung dikerjakan pada benda. Contohnya saat kamu meletakkan magnet di atas jarum pentul. Maka jarum akan tertari atau mengikuti arah magnet digerakkan.
Macam-macam gaya sentuh:
1. Gaya otot.
Gaya otot adalah gaya yang dikerjakan pada benda yang berasal dari hewan atau manusia. Contohnya adalah kuda yang menarik kereta, saat kita mendorong motor.
2. Gaya gesek.
Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh benda yang bersentuhan dengan benda lain atau permukaan benda lain. Contohnya adalah meja di dorong ke arah kanan. Gaya geseknya akan ke arah kiri.
3. Gaya pegas
Gaya pegas adalah gaya yang terjadi pada pegas yang mengalami tarikan atau dorongan. Contohnya adalah saat kita menarik busur panah, karet yang ditarik.
Macam-macam gaya tidak sentuh:
1. Gaya magnet
Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan dari magnet menarik benda logam. Contohnya magnet menarik besi.
2. Gaya gravitasi
Gaya gravitasi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik bumi. Arah gaya gravitasi selalu ke bawah. Contohnya buah rambutan, mannga, kelapa selalu jatuh ke bahwa. Kita juga selalu ke bawah kalau jatuh.
3. Gaya coulomb
Gaya coulomb adalah gaya yang diakibatkan oleh dua buah muatan listrik atau lebih yang memiliki jarak tertentu. Contohnya muatan negatif berdekatan dengan muata positif. Maka akan menimbulkan gaya listrik atau gaya coulomb.

Demikianlah penjelasan macam-macam gaya pada fisika yang terdiri dari gaya sentuh dan tidak sentuh. Peristiwa yang kita alami sehari-hari selalu berkaitan dengan fisika.
Rating: 4.5