Mendidik dengan Hati

Pengertian galaksi dan macam-macam galaksi

Pak guru akan menjelaskan pengertian galaksi dan macam-macam galaksi yang ada di sekitar galaksi kita yaitu galaksi bima sakti. Pengertian galaksi adalah sekumpulan bintang yang membentuk sistem dengan salah satu bintang yang paling besar sebagai pusat galaksi sedangkan bintang yang lainnya akan mengitari bintang besar tersebut.
pengertian galaksi dan macam-macam galaksi
Seperti pada galaksi bima sakti yang kita tempati sekarang ini matahari sebagai pusat tata surya galaksi kita. sedangkan planet-planet lain seperti mars, saturnus, jupiter dan lainnya mengelilingi matahari karena gaya tarik atau gaya gravitasi matahari yang begitu besar. Di luar sana masih banyak bintang yang memiliki ukuran lebih besar dari matahari. Berapa jumlah bintang yang ada di suatu galaksi? Jumlahnya adalah miliaran. Subhanalloh, betapa luasnya langit ini. Padahal baru langit pertama. Bagaimana dengan langit yang kedua?
Pada galaksi kita yaitu bima sakti atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Milky Way memiliki 400 miliar bintang. Bagaimana cara ilmuwan melihat galaksi? Caranya adalah dengan menggunakan teleskop. Teleskop yang paling canggih saat ini adalah teleskop Huble.
Macam-macam galaksi
Di alam semesta ini banyak sekali galaksi. Namun hanya beberapa yang telah teridentifikasi oleh ilmuwan astromoni. Apa saja macam-macam galaksi tersebut?
1. Galaksi bima sakti.
Galaksi yang kita huni sekarang ini ditemukan pada tahun 1783 oleh astronom yang berasal dari Inggris yang bernama Hershel. Galaksi kita mempunyai kurang lebih 400 miliar bintang. Pusatnya adalah matahari dan planet atau bintang-bintang yang lainnya mengitari matahari.
2. Galaksi andromeda
Galaksi andromeda merupakan galaksi yang besar. Diameter andromeda dua kali dari diameter galaksi bimasakti. Galaksi ini mudah diamati dengan teleskop karena bentuknya yang besar. Jarak galaksi bima sakti ke galaksi andromeda adalah 2,5 juta tahun cahaya.
3. Galaksi magelan
Galaksi magelan merupakan gayaksi yang terdekat dengan bima sakti. Jaraknya dari bima sakti adalah 150.000 tahun cahaya. Bentuk dari galaksi magelan tidak beraturan.
4. Galaksi black eye atau galaksi mata hitam
Galaksi ini pertama kali ditemukan oleh Charles Messier astronom dari Prancis. Charles menamakan galaksi black eye karena bentuk galaksi ini terlihat mirip dengan mata manusia. Sifat galaksi ini aneh karena mempunyi cinci kabut dan warnanya gelap. Jarak galaksi black eye dengan galaksi bima sakti sangat jauh yaitu kurang lebih 17 juta tahun cahaya.
5. Galaksi ursa mayor
Galaksi ini mempunyai jarak yang jauh juga dengan kita. jaraknya adalah 10 juta tahun cahaya. Bentuk dari galaksi ursa mayor adalah rapat dan elips (lonjong).
6. Galaksi jauh.
Galaksi jauh dengan galaksi ursa mayor memiliki jarak yang sama dengan galaksi bima sakti yaitu 10 juta tahun cahaya. Galaksi jauh terdiri dari beberapa galaksi. Baru ada tiga galaksi yang dinamai yaitu Whipool, Triangulum, dan Silvery.
Demikian pembahasan pengertian galaksi dan macam-macam galaksi. Setelah kita mengetahui betapa banyak galaksi yang ada di alam semesta ini ternyata bumi ini sangat kecil. Besarnya tidak ada apa-apanya dengan matahari maupun bintang-bintang di galaksi lain. Apalagi dengan manusia yang ada di bumi ini sangat kecil. Oleh sebab itu kita tidak boles sombong karena manusia itu tidak mempunyai apa-apa. Hayo... siapa yang memiliki ilmu yang lebih bisa membagikannya kepada teman yang lain dan tidak boleh sombong. Yang berhak sombong adalah Tuhan pencipta alam semesta.
Rating: 4.5