Mendidik dengan Hati

Penyebab hujan asam

Pak guru akan membahas penyebab hujan asam. Pada artikel sebelumnya kami membahas pengertian hujan asam dan proses terjadinya. Terjadinya hujan asam itu sendiri sebenarnya tidak harus berasal dari sumber polusi hujan asam. 
Penyebab hujan asam
abu vulkanik menyebakan hujan asam
Anginlah yang membawa hujan asam itu sampai puluhan kilometer dari pusat polusinya. Bahkan hujan asam juga melintasi antar benua jika awan yang mengandung asam nitrat dan asam sulfat terbawa oleh angin.
Penyebab hujan asam
Penyebab hujan asamPenyebab hujan asam adalah dari pencemaran udara. Pencemaran udara tersebut dari aktivitas manusia dan aktivitas gunung berapi.
Pencemaran udara dari aktivitas manusia seperti asap pabrik dan asap kendaraan bermotor.
Sedangkan aktivitas gunung berapi adalah saat gunung itu masih aktif dan saat gunung itu meletus seperti letusan gunung Merapi di tahun 2014.
Gas penyebab hujan asam
Gas yang menyebabkan hujan asam adalah gas karbon monoksida (CO), sulfur oksida (SO2), karbon dioksida (CO2), Hidro karbon (HC), Notrogen Oksida (NO2), dan lain-lain. Namun yang menjadi penyebab utamanya ada 2 gas yaitu gas sulfur oksida  (SO2) dan gas nitrogen oksida (NO2).
Sifat gas nitrogen oksida adalah berbau menyenga tajam, berwarna merah kecoklatan. Sedangkan nitrogen monoksida ciri-cirinya adalah tidak berwarna dan tidak berbau.
Gas nitrogen oksida berasal dari kendaraan bermotor, pembuangan sampah, dan pembangkit listrik. Di daerah perkotaan, gas ini sangat banyak dibandingkan di daerah pedesaan. Oleh karena itu hidup di kota sangat rentan terhadap penyakit karena banyak polusi.
Selanjutnya gas sulfur dioksida berasal dari proses kimia dari hasil pembakaran belerang. Ciri-ciri sulfur dioksida adalah tidak mudah terbakar dan baunya tajam. Gas ini berasal dari aktivitas gunung berapi. Ternyata pada gas kendaraan bermotor selain mengandung gas karbon monoksida juga mengandung sulfur dioksida.
Ada dua tips untuk menghindari dampak dari hujan asam yaitu:
1. Tidak hujan-hujanan. Segera memakai mantel saat hujan. Melarang anak bermain hujan-hujanan. Gejala yang sering timbul akibat terkena hujan asam adalah pusing dan masuk angin. Jika badan basah terkena hujan segera mandi dan keramas.
2. Memakai masker wajah saat mengendarai sepeda motor. Selain hujan asam, polusi seperti gas dan debu juga termasuk partikel asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ pernapasan kita yakni paru-paru.

Demikian pembahasan penyebab terjadinya hujan asam. Selalu jaga kondisi dengan rajin berolahraga dan memperbanyak sayuran dan buah-buahan.
Rating: 4.5