Mendidik dengan Hati

Penyebab pemanasan global

Penyebab pemanasan global bukanlah dari meningkatnya jumlah kendaraan saja. Melainkan banyak faktor yang mempengaruhinya. Pada bulan Mei 2015 kemarin terjadi angin panas yang menyebakan ratusan penduduk India meninggal dunia. Banyak yang berpendapat bahwa angin panas tersebut akibat pemanasan global. Untuk itu, mulai dari sekarang kita harus bisa menekan penyebab pemanasan global agar cuaca tidak semakin panas.
Berikut beberapa penyebab pemanasan global dari aktivias manusia yang ada di sekitar kita:
1. Meningkatnya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor.
Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, jumlah kendaraan bermotor juga meningkat. Gas buang kendaraan bermotor adalah gas karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita jika kita hirup. Selain itu gas tersebut juga mengakibatkan efek rumah kaca.
2. Gas buang dari industry pabrik
Selain limbah yang dapat mengakibatkan pencemaran air dan tanah, pabrik juga berperan dalam pencemaran udara. Asap pabrik juga ikut menyumbang terjadinya pemanasan global karena mengeluarkan gas seperti gas karbon dioksida, karbon monoksida, gas metana, dan lainnya.
3. Luas hutan yang semakin menurun.
Hutan merupakan paru-paru dunia. Saat ini hutan di Indonesia luasnya semakin berkurang. Jika luas hutan semakin berkurang, siapa yang mengubah karbondioksida menjadi oksigen? Tidak ada bukan? Oleh sebab itu cuaca semakin panas karena hutan semakin sedikit sehingga gas karbondioksida di dalam atmosfer semakin meningkat.
baca dampak pemanasan global
4. Boros memakai listrik.
Ternyata boros menggunakan listrik juga menjadi penyebab pemanasan global. Makannya sering ada kampanye di tivi maupun di jalanan ada himbauan untuk hemat listrik.
5. Konsep rumah modern.
Saat ini konsep rumah modern banyak terdiri dari kaca. Memang usahanya adalah untuk menghemat pemakaian listrik. Namun k lain kaca tersebut dapat memantulkan cahaya ke udara lagi sehingga akan menyebabkan efek rumah kaca. Artinya cahaya yang mengenai bangunan tersebut tidak diserap melainkan cahaya dipantulkan lagi ke udara.
6. Ilegal loging yang meraja lela.
Masih banyak orang yang mencuri hutan sehingga kerusakan hutan semakin parah.
7. Gaya hidup mansia yang jarang menggunakan sepeda atau berjalan kaki walau bepergian ke tempat yang dekat.
8. Jumlah kendaraan bertambah sedangkan jumlah sepeda menurun.
Penyebab pemanasan global dari alam.
1. Usia bumi yang sudah tua.
2. Siklus bumi yang pada saat ini berada di puncaknya. Artinya bumi saat ini mengalami panas, sedangkan untuk ratusan tahun berikutnya panas di bumi menurun.
3. Lapisan ozon yang bocor di daerah kutub.

Ternyata sinar matahari yang ke bumi tidak langsung mengenai permukaan bumi, melainkan di saring dulu pada lapisan ozon. Jika tidak demikian cahaya matahari dapat mengakibatkan kanker kulit dan penyakit lainnya.
Rating: 4.5