Mendidik dengan Hati

Rumus gaya normal dan pengertian gaya normal

Pengertian gaya normal adalah gaya yang diakibatkan oleh benda yang bersentuhan dengan permukaan bidang sentuh yang arahnya tegak lurus dengan bidang. Gaya normal biasa disebut dengan gaya sentuh. Gaya normal atau sentuh ini adalah gaya yang diberikan oleh permukaan sentuh terhadap benda yang arahnya tegak lurus dengan bidang sentuhnya. 
Rumus gaya normal dan pengertian gaya normal

Gaya normal selalu berkaitan dengan gaya gravitasi. Karena gaya normal yang menyeimbangkan dengan gaya gravitasi. Contohnya kita menganalisis buku yang ada di meja. Buku tersebut dalam keadaan diam. Pada hukum ke dua newton bahwa jika resultan gaya yang bekerja pada  benda sama dengan nol, maka benda tersebut diam. Pada setiap benda terdapat gaya gravitasi yang bekerja pada benda. Jika resultannya nol, maka ada gaya lain selain gaya gravitasi. Ternyata gaya tersebut adalah gaya sentuh tadi.
Rumus gaya normal tergantung pada keadaan benda. Jika pada keadaan di atas, maka rumus gaya normalnya adalah sama dengan gaya gravitasi.
Gaya normal arahnya selalu tegak lurus dengan bidang sentuh. Gaya gravitasi arahnya selalu ke bawah. Maka arah kedua gaya tersebut berlawanan. Ke arah atas adalah positif sedangkan arah ke bawah negatif.
Maka W bernilai negatif.
Rumus gaya normal secara metematis pada gambar di atas adalah
Sigma F = 0
N – W = 0
N = W
Jika W adalah gaya berat yang bisa dituliskan:
W = mg
Maka rumus gaya normalnya:
W = mg
Pada bidang miring, rumus gaya normalnya adalah
N = W cos a
N = mg cos a
Contoh soal:
1. Buku yang memiliki massa 1 kg terletak pada meja. Berapakah gaya normal yang bekerja pada buku tersebut?
Jawab:
Diketahui m = 1 kg
Percepatan gravitasi bumi 10 m/s2.
N = W
N = mg
N = 1 kg . 10 m/s2
N = 10 newton
Demikian pembahasan pengertian gaya normal dan rumus gaya normal. Selamat belajar.
Rating: 4.5