Mendidik dengan Hati

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat habis jika dipakai terus menerus. Sumber daya alam ini tidak dapat dibuat oleh manusia, namun manusia hanyak bisa mengolahnya. Dari peristiwa yang terjadi di alam menghasilkan sumber daya ini.
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah
Minyak bumi
Batu bara
Emas
Perak
Besi
Tembaga
Intan
Belerang
Perunggu
Nikel
Dan berbagai jenis logam lainnya.
Yang paling banyak digunakan sebagai sumber energi adalah batubara dan minyak bumi. Minyak bumi diolah menjadi berbagai energi seperti solar, premium, pertamax, dan aftur (bahan bakar pesawat).
Berdasarkan jenisnya sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidakdapat diperbaharui.
Sumber daya alam yang bisa dibuat lagi adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Jika habis bisa dibuat kembali. Contohnya adalah kayu, air, pupuk kompos, plastik, kertas, angin, tanah, kelapa, dan berbagai macam tumbuhan.
Ada hal yang bisa digunakan sebagai energi terbarukan adalah sebagai berikut:
Pembangkit listrik dari tenaga angin
Pembangkit listrik dari tenaga air
Pembangkit listrik dari panas bumi
Pembangkit listrik dari gelombang laut.
Bagaimana kalau batu bara dan minyak bumi di dunia semakin berkurang? Maka harus ada alternatif lain untuk menggantikannya. Saat ini ilmuwan sedang melakukan penelitian bagaimana untuk menghemat bahan bakar.
baca juga pengertian sumber daya alam dan sumber daya manusia
Salah satu wujun untuk menghemat bahan bakar diterapkan pada kendaraan bermotor. Kita mungkin sering mendengar motor injeksi. Nah motor injeksi akan lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator. Demikian penjelasan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. 
Rating: 4.5