Mendidik dengan Hati

Batas waktu sholat isya

batas waktu sholat isya – sebelum menjawab judulnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu awal waktu mulai sholat isya. Waktu mulainya sholat isya adalah setelah waktu sholat magrib selesai. Kita bisa melihat tandanya yaitu mega merah atau warna langit yang merah sudah habis atau lenyap. Nah saat langit sudah gelap itulah kita bisa menunaikan sholat isya.
Batas waktu sholat isya adalah hingga menjelang terbit fajar. Sudah kita ketahui bahwa awal waktu sholat subuh adalah terbit fajar. Sebaiknya kita mengerjakan ibadah sholat lima waktu di awal waktu. Artinya pada waktu adzan kita mengerjakannya. Bagi yang laki-laki wajib untuk mengerjakannya di masjid secara berjamaah. Pahala sholat jamaah luar biasa sekali selain dari pahala 27 derajat.
Yang mengerjakan sholat isya di waktu akhir tadi atau sebelum memasuki waktu fajar ini bagi orang yang mempunyai udzur seperti:
Kelupaan dan akhirnya ketiduran
Pingsan
Haidh
Nifas
Pada waktu menjelang terbit matahari atau sepertiga malam merupakan waktu yang darurat. Semoga kita senantiasa bisa melaksanakan sholat lima waktu ini dengan penuh keimanan dan dengan mengharap pahala atau ridho Alloh SWT. Semoga kita bisa terhindar dari api neraka. Hendaknya kita selalu memohon kepada Alloh agar kita dimudahkan untuk selalu beribadah kepadanya. Semoga hati ini selalu dekat dengan masjid agar  bisa memakmurkan masjid dengan cara mengerjakan sholat berjamaah wajib bagi yang laki.
Hukumnya akan makruh jika dikerjakan secara sengaja. Ingat bawa waktu adzan adalah hakikatnya panggilan Alloh SWT yang harus segera kita tunaikan. Jangan sampai saat kita mendengan adzat kita tidak menghiraukannya dan asyik menikmati indahnya dunia. Jika kita bisa sholat di awal waktu dan bisa berjamaah (bagi laki-laki), insyaAlloh hidup kita akan dimudahkan. Terlebih lagi semoga dosa yang telah kita lakukan bisa terhapus.
Demikian penjelasan batas waktu sholat isya yang apa yang pernah saya mengaji, yang intinya bahwa waktu akhir adalah adanya terbit fajar (matahari) sekitar jam 4 pada bulan-bulan tertentu. Sedangkan awal mulai sholat isya adalah pada waktu matahari sudah terbenam yang ditandai dengan hilangnya marna merah pada langit sebelah barat sekitar jam 6 lebih pada bulan-bulan tertentu.
Rating: 4.5