Mendidik dengan Hati

Nama gunung tertinggi di indonesia dan letaknya

Pak guru akan menyampaikan gunung tertinggi di indonesia berdasarkan urutan ketinggian dan letaknya. Selain sebagai negara kepulaian, Indonesia juga bisa disebut sebagai negara yang dilalui jalur pegunungan. Hal ini bisa kita lihat mulai dari pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua terdapat gunung. Baik gunung yang masih aktif maupun sudah tidak aktif.
Daftar gunung tertinggi di indonesia dan letaknya
Untuk mengukur tinggi gunung diukur mulai dari permukaan air laum. Itulah kenapa disetiap akhir dari ketinggian gunung ada kata ”dpl”. Contohnya adalah ketinggian gunung X adalah 1500 meter dpl. Arti dari dpl adalah “dari permukaan air laut”

Berikut gunung tertinggi di indonesia berdasarkan urutan dan letaknya:
1. Gunung Puncak Jaya
Gunung ini terletak di Papua. Karena ketinggiannya, Puncak Jaya terdapat es dan es tersebut abadi di daerah puncaknya. Ketinggian gunung puncak Jaya mencapai 5.884 meter dpl. Gunung ini adalah gunung yang tertinggi pertama di Indonesia. Nama sebutan dari gunung Puncak Jaya adalah Canrtensz Pyramid.
2. Gunung Puncak Mandala.
Gunung ini masih terletak di Papua. Ketinggiannya mencapai 4.760. Puncak Mandala juga terselimuti oleh salju seperti yang ada di gunung Puncak Jaya.
3. Gunung Puncak Trikora
Gunung tertinggi yang ke tiga ini juga terletak di Propinsi Papua. Gunung ini memiliki ketinggian selisih 10 meter dari gunng Mandala yakni ketinggiannya adalah 4.750 meter dpl.
4. Gunung Ngga Pilimsit
Gunung tertinggi keempat ini juga masih terletak di propinsi Papua. Ketinggian dari gunung ini dari permukaan air laut adalah 4.717 meter. Nama lain dari gunung Ngga Pilimsit adalah Mount Idenberg. Nama ini berasal dari bahasa Belanda.
5. Gunung Kerinci                                       
Gunung ini terletak di pulau Sumatra tepatnya di Popinsi Jambi. Ketinggian gunung kerinci 3.805 meter dpl. Gunung Kerinci ini tergolong gunung yang masih aktif atau gunung berapi. Dengan demikian gunung kerinci merupakan gunung berapi yang tertinggi di Indonesia.
6. Gunung Rinjani
Sekarang gunung yang tertinggi keenam ini berada di pulau Lombok yang termasuk wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok saat ini terkenal dengan wisata alamnya seperti wisata pantai dan lautnya yang masih sangat alami dan indah. Gunung rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter dpl. Gunung rinjani juga termasuk gunung yang masih aktif atau berapi.
7. Gunung Semeru.
Gunung semeru ini adalah gunung yang tertinggi di pulau jawa. Tepatnya di Jawa Timur. Ketinggian gunung semeru adalah 3.676 meter dpl. Gunung ini juga termasuk gunung yang masih aktif.
8. Gunung Sanggar
Sekarang beralih lagi ke Lombok. Gunung Sanggar, gunung tertinggi kedelapan ini memiliki ketinggian 3.5.64 meter dpl. Gunung ini dekat dengan gunung Rinjani yang sama-sama di propinsi Nusa Tenggara Barat.
9. Gunung Rantemario
Gunung ini berada di pulau Sulawesi tepatnya di Sulawesi Selatan yang beribukotakan Makasar. Gunung ini sudah tidak aktif dan memiliki ketinggian 3.478 meter dpl.
10. Gunung Slamet.
Gunung yang konon masih sangat mistis ini berada di Jawa tepatnya di Jawa Tengah yang mempunyai ketinggian 3.428 meter dpl. Pada jaman dulu gunung slamet ini tidak aktif namun sekarang sudah aktif lagi. Pada tahun 2013 gunung ini sering mengeluarkan suara gemuruh karena sedang aktif dan mengeluarkan awan panas sehingga menimbulkan kepanikan warga yang sampai mengungsi. Demikianlah penyampaian gunung tertinggi di indonesia letaknya secara berurutan.
Rating: 4.5