Mendidik dengan Hati

Pengertian atau definisi ekspor dan impor menurut para ahli

Pak guru ipa akan menjelaskan pengertian atau definisi ekspor dan impor. Pengertian ekspor adalah kegiatan penjualan barang dari dalam negeri ke luar negeri. Pengertian impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri untuk dijual di dalam negeri.

Menurut wikipedia Indonesia pengertian ekspor adalah suatu proses transportasi komoditas atau barang dari dalam negeri ke luar negeri.

Pengertian impor menurut wikipedia adalah proses pemasukan barang dari luar negeri (negara lain) ke dalam negeri. Proses ekspor dan impor akan dikenakan pajak seperti bea cukai baik dari negara penerima maupun negara pengirim. 
Pengertian atau definisi ekspor dan impor
contoh barang ekspor indonesia
 Tujuan ekspor dan impor adalah untuk mendapatkan keuntungan. Kegiatan ekspor dan impor dapat dilakukan oleh bisnis menengah dan bisnis yang skalanya internasional. Seperti bisnis menengah, orang Jepara Jawa Tengah mengeskpor ukiran kayu untuk dijual ke negara Eropa dan Amerika. Contoh kegiatan impor yang dilakukan oleh bisnis menengah adalah impor pakaian dan impor produk kosmetik seperti dari negara China.

Proses ekspor dibagi menjadi dua macam yaitu:
1. Ekspor langsung adalah proses penjualan barang tanpa melalui perantara atau pengiriman langsung menuju kepada konsumen. Kelemahan dari ekspor langsung adalah biaya transportasi lebih tinggi.
2. Ekspor tidak langsung adalah proses penjualan barang melalui perantara dari negara asal. Seorang perantara ekspor ini disebut dengan eksportir. Keuntungan kita pada ekspor tidak langsung adalah kita tidak perlu mengurusi surat atau administrasi. Kelemahannya adalah kita tidak bisa memperoleh keuntungan yang lebih maksimal karena ditangani oleh pihak lain.

Ada empat tahap di dalam proses ekspor yaitu:
1. Mengidentifikasi pangsa pasar di negara lain
2. Menggunakan alalisis SWOT untuk mengetahui kebutuhan pasar dengan kamampuan ekspor kita.
3. Pertemuan dengan agen atau eksportir.
4. Mengalokasikan sumber daya yang ada.
Contoh kegiatan ekspor Indonesia ke negara lain adalah ekspor hasil hutan seperti karet dan getah pinus, kopi, udang, kayu jatu, coklat/kakao, barang setengah jadi (alas kaki), buah-buahan.
Orang yang melakukan aktivitas impor barang adalah importir. Kegiatan impor dilaksanakan guna memenuhi kebutahan yang diperlukan oleh suatu negara. Alasan impor lain adalah barang yang dijual oleh negara lain lebih murah dibandingkan dengan harga barang di dalam negeri.
Manfaat proses impor bagi kita adalah:
1. Terpenuhinya kebutuhan kita seperti gadget dan barang elektronik lainnya.
2. Memperoleh barang dengan harga yang lebih murah.
3. Bahan baku untuk proses produksi lain dapat terpenuhi.
Demikian penjelasan pengertian ekspor dan impor yang bisa pak guru sampaikan. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5