Mendidik dengan Hati

Pengertian flora dan fauna beserta contohnya

Pak guru akan menjelaskan pengertia flora dan fauna beserta contohnya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa jumlah flora dan fauna di Indonesia semakin langka. Penyebab hal tersebut adalah ulah manusia seperti pembukaan lahan untuk pertanian. Jadi kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga kelestarian alam ini.
Pengertian flora dan fauna beserta contohnya
orang utan merupakan fauna endemik Kalimantan
Pengertian flora secara bahasa adalah tumbuhan. Jadi pengertian flora secara umum adalah segala jenis tumbuhan. Flora endemik adalah segala jenis tumbuhan yang hidup pada daerah tertentu. Contohnya adalah flora Jawa, Flora daerah sumatra, flora endemik Kalimantan. Contoh flora endemik sumatra adalah raflesia arnoldi atau bunga bangkai. Tanaman melati merupakan flora endemik Jawa. Tanaman buah merah merupakan flora endemik Papua.

Fauna berasal dari bahasa latin yang artinya hewan. Jadi pengertian fauna adalah segala jenis hewan. Pengertian fauna endemik adalah segala jenis hewan yang hidup di daerah tertentu. Contoh fauna endemik adalah burung cenderawasih adalah fauna asli Papua. Badak bercula satu merupakan fauna asli Jawa. Harimau sumatra merupakan fauna endemik Sumatra.

Selain dipelajari di pelajaran Geografi sejak SD hingga SMA, flora fauna juga dipelajari di mata pelajaran biologi. Apa manfaat kalian mempelajari flora dan fauna? Kita bisa mengetahui kekayaan hayati yang ada di Indonesia, kita harus bisa menjaga keanekaragaman hayati tersebut agar anak cucu kita bisa menikmatinya. Demikian penjelasan pengertian dari flora dan fauna. Semangat belajar!
Rating: 4.5